Monday, August 1, 2016

Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google

Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google - Sitelink atau sering disebut taut situs adalah sebuah sub-link yang muncul dibawah Url situs kita, ketika kita melakukan pencarian di mesin telusur dengan kata kunci blog kita ataupun pencarian dengan url blog. Sitelink biasanya menampilkan sub-header dari 2-8, pada sitelink juga sering dapat ditemukan kotak telusur yang dapat digunakan untuk mencari sesuatu pada situs yang ditampilkan, namun kotak telusur tersebut biasanya muncul pada situs-situs besar, seperti DeviantArt, dll.

Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google

Tujuan diberikannya sitelink kepada sebuah blog oleh google adalah agar dapat membantu me-navigasi halaman situs kita pada SERP. Sitelink juga sebuah apresiasi oleh google karena menurutnya situs tersebut telah mematuhi peraturan yang ada.

Apakah sitelink itu penting?, antara penting atau tidaknya, yang kita lihat adalah bentuk apresiasi dan keuntungan yang kita dapat, dengan adanya sitelink pengunjung akan melonjak naik drastis karena pengunjung dapat mengetahui macam-macam konten yang ada, dengan ini akan dapat menambah minat pengunjung untuk mengunjungi blog kita.

Cara Mendapatkan Sitelink


Saya sudah terangkan tentang sitelink, lantas bagaimana cara untuk mendapatkan sitelink?, silahkan simak cara dibawah ini :

1. Melayani Algoritma Google yang Berlaku


Maksud dari melayani algoritma google adalah menjalankan rekomendasi dari google kepada kita. Algoritma yang terbaru pada tahun 2015 adalah Algoritma Mobilegeddon, yang artinya google lebih suka dengan situs-situs yang mudah dan cepat diakses melalui perangkat mobile. Dengan cara ini anda akan lebih mudah untuk mendapatkan sitelink yang diberikan oleh google. Dengan mempercepat halaman blog akan mendapatkan peluang besar untuk meraih sitelink.

2. Memperbaiki Tataan Kerapian Tampilan Blog


Dengan lebih rapinya suatu tampilan dari suatu blog, maka google akan lebih cepat menyukai blog tersebut karena konten diletakkan dengan benar dan rapi. Ini akan dapat membantu sang penjelajah (pengunjung) untuk membantu mencari suatu konten yang dicari, dan tentunya pengunjung akan lebih nyaman dengan template anda. Memang banyak orang yang meremehkan kerapian template, mereka hanya mementingkan konten yang dibuat tanpa mengoptimalkan template, ya memang benar konten itu penting tetapi template juga penting, jadi keduanya harus dioptimalkan dan jangan setengah-setengah.

3. Membuat Halaman Khusus yang Berisi Mengenai Blog Tersebut


Maksudnya adalah membuat halaman sitemap, about, contact, disclaimer,dll. Kenapa begitu?, karena halaman-halaman tersebut sering muncul pada sitelink suatu blog, dan sebaliknya jika tidak memiliki halaman khusus seperti itu, maka kemungkinan besar tidak akan mendapatkan sebuah sitelink. Halaman ini juga berguna untuk para pengunjung untuk dapat menghubungi anda.

4. Submit Setiap Artikel pada Google Webmasters


Dengan mensubmit setiap artikel ke Google Webmasters, maka seolah-olah anda memerintah google untuk merayapi artikel anda, nah jika google merayapi artikel anda, maka google akan menilai artikel tersebut untuk dapat dijadikan sitelink atau tidak. Tentu cara ini akan menjadi cara yang ampuh dan praktis, karena kita hanya menaruh link url artikel kita, lalu mensubmit.

5. Rajin Posting Artikel


Selalu posting artikel seolah blog anda selalu hidup di mata google, maka mereka akan menganggap blog anda dianggap baik oleh google. Dengan ini, maka anda akan mendapatkan peluang besar untuk mendapatkan sitelink dari google.

Sekian artikel dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.