Tuesday, August 2, 2016

Cara Menambahkan Kapasitas Memori Internal di Android

Cara Menambahkan Kapasitas Memori Internal di Android - Memori internal adalah suatu perangkat yang sangat penting untuk Smartphone, handphone, tablet maupun phablet dan perangkat ini merupakan hal yang harus ada pada tiap devices yang disebutkan di atas. Kalau orang mengatakan istilah 'sayur tanpa garam', maka begitulah memori terasa tidak enak menggunakan Smartphone tanpa adanya dukungan memori. Memori secara umum digunakan untuk tempat penampungan berkas-berkas yang kita hasilkan dari perangkat Smartphone, baik itu berupa gambar, video, ataupun lagu.

Cara Menambahkan Kapasitas Memori Internal di Android

Pernahkah Anda membayangkan di saat-saat momen yang berharga dan kita ingin mengabadikan momen tersebut, namun ternyata Anda harus menelan kekecewaan karena keterbatasan kapasitas memori? Hal tersebut membuat Anda jadi kehilangan momen untuk dijadikan kenang-kenangan. Yah, kecuali kalau kapasitas internalnya besar, pastinya tidak pernah merasakan hal tersebut.

Mengingat betapa pentingnya fungsi dari memori ini maka lebih baik kita persiapkan segala kondisi memori kita dengan baik. Sebetulnya memori secara otomatis tersedia atau telah satu paket saat kita membeli sebuah Smartphone, namun rata-rata kapasitas memori yang disediakan adalah sangat terbatas yakni sebesar 4 GB dan kita harus membeli memori sendiri jika ingin menaikkan kapasitas memori tersebut.

Untuk mengatasi urusan tersebut sebetulnya masih ada cara untuk menambah kapasitas memori internal di Android tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Menambah memori internal Android saat ini tidaklah sesulit yang mungkin Anda bayangkan karena dengan kemajuan teknologi maka semua orang bisa melakukannya. Untuk melakukan penambaham memori internal, saat ini kita bisa melakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi yang disediakan di app store. Aplikasi tersebut ialah Link2SD.

Aplikasi Link2SD digunakan untuk menambah memori internal yang memang terbukti benar-benar naik memorinya setelah pemakaian aplikasi ini. Link2SD ini bisa digunakan untuk segala jenis perangkat mobile, meskipun beberapa devices ada juga kegagalan dalam memakai aplikasi tersebut.

Cara menaikkan kapisitas memori di Android


Alat tempur yang perlu Anda siapkan

  • Komputer atau laptop.
  • Software Mini Tool Partition.
  • SD Card 8 GB atau lebih.
  • Aplikasi Android Link2SD.
  • Android Anda sudah dalam keadaan rooted (sudah di-root).

Ada baiknya sebelum melakukan tutorial ini, Anda backup dahulu seluruh data yang ada di Android Anda untuk menghindari gagalnya cara ini.

Langkah-langkah

1 Partisi

  • Install aplikasi Mini Tool Partition di komputer yang sudah Anda download di atas.
  • Masukkan memori internal alias SD Card ke komputer (bisa memakai card reader).
  • Tunggu hinga SD Card terdeteksi di minitool partition apabila telah maka klik micro SD, klik kanan, pilih delete (data bakal hilang).
  • Seusai itu, Anda buat partisi pertama dengan file system FAT 32 yang bakal menjadi memory external (sesuaikan besar kapasitasnya), buat namanya sesuai keinginan Anda, pilih type primary serta file system FAT 32 kemudian OK.
  • Habis itu Anda buat partisi kedua dengan file system EXT 4 yang menjadi memory tambahan internal. Pilih di unallocated kemudian create partition. klik YES untuk melanjutkan. Pilih Setting 1 GB untuk EXT 4, (jangan sebesar 4 GB sebab bakal sia-sia saja, buat nama labelnya lalu pilih type primary serta file system ext 4 kemudian OK.
  • Langkah selanjutnya, buat partisi ke tiga dengan file system swap memory (untuk meningkatkan kapasitas memori RAM). Pilih di unallocated (sisa memory terbaru) kemudian create partition. Seusai notifikasi timbul klik yes untuk melanjutkan. Buat nama label (terserah anda) lalu pilih type primary serta file system Linux Swap kemudian OK.
  • Kemudian pilih tombol Apply (tunggu sampai proses semua berakhir).

2 Link2SD

  • Install apk Link2SD yang telah Anda unduh melalui tautan di atas.
  • Masukan SD Card ke perangkat android kamu serta jalankan software link2SD
  • Pilih ext4.
  • Reboot / restart Android Anda.
  • Buka kembali software Link2SD pastikan apakah status memori kamu telah “Mounted”, apabila belum ulangi lagi langkah diatas, Apabila gagal coba ganti ext4 menjadi ext2 alias ext3.
  • Berakhir memori kamu bakal meningkat apabila dikerjakan dengan baik dan benar.

Manfaat dari aplikasi Link2SD tidak hanya sebatas menambahkan kapasitas memori internal saja, masih banyak kegunaan lainnya, diantaranya untuk memindah file alias software lain.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.