Saturday, August 13, 2016

Cara Membuat Video Stop Motion di Android

Cara Membuat Video Stop Motion di Android - Video saat ini menjadi salah satu ajang kreatifitas untuk memperlihatkan hal-hal unik dan juga absurd yang ada di sekitar. Bahkan, beberapa orang menggunakan video ini sebagai pekerjaan sehari-hari mereka, yang kemudian diupload pada sebuah websiter video streaming seperti youtube dan mereka pun menyebutnya sebagai VLOG. Untuk Anda yang memang memiliki kreatifitas tinggi dalam hal pembuatan video dan juga memiliki VLOG, maka artikel kali ini sepertinya cocok untuk Anda. Karena, pada artikel kali ini Saya akan membagikan tentang cara untuk membuat video stop motion langsung dari perangkat hp Android Anda. Mau tahu bagaimana caranya? Silahkan simak langkah-langkah selengkapnya di bawah ini:

Cara Membuat Video Stop Motion di Android

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum Anda mulai untuk membuat video stop motion pertama Anda pada perangkat Android adalah, dengan mendownload aplikasi yang bernama Motion – Stop Motion Camera terlebih dahulu. Aplikasi ini gratisan, dan juga sudah tersedia pada halaman Google Play Store, sehingga mempermudah Anda untuk langsung mendownload dan menginstallnya dari perangkat Android Anda.

Jika proses download dan install aplikasi Motion – Stop Motion Camera ini telah selesai, maka langkah selanjutnya adalah langsung membuka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. Saat pertama kali Anda membuka aplikasi tersebut, Anda akan melihat tampilan awal dari aplikasi Stop Motion Camera ini. Pada halaman awal tersebut, Anda cukup tap saja pada ikon yang bertanda “+”, di mana ikon tersebut memiliki fungsi untuk membuat video project motion yang baru. Setelah itu, Anda akan ditampilkan layar kosong yang nantinya akan berisi video atau potongan-potongan gambar dari video stop motion Anda. Tapi sebelumnya, Anda tap dulu pada icon kamera di sudut kanan bawah untuk menambahkan potongan-potongan gambar tersebut.

Cara Membuat Video Stop Motion di Android

2. Langkah selanjutnya adalah bisa mulai merekam video atau gambar melalui aplikasi kamera yang telah terbuka pada perangkat Android Anda tersebut. Jika, Anda telah selesai untuk merekam, maka Anda cukup tap pada icon tanda centang (benar) di kanan bawah layar.

Cara Membuat Video Stop Motion di Android

3. Kini Anda akan dibawa kembali pada halaman sebelumnya di mana Anda akan melihat potongan-potongan video yang telah Anda ambil dalam bentuk frame-frame. Jika Anda sudah melihat semua frame tersebut, kini Anda bisa dengan mudah untuk mengedit setiap frame dengan cara menghapus frame yang tidak penting, untuk bisa menjadi sebuah video stop motion. Yang menariknya lagi pada aplikasi ini, jika video yang tadi Anda masukkan masih terasa kurang, maka Anda bisa menambahkan lagi video baru sebagai tambahan dari video sebelumnya, cukup dengan tap pada icon kamera lagi.

Di aplikasi ini pula ada fitur yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat jalannya video, misalnya saja 50 frame perdetik atau lebih jika videonya ingin Anda percepat lagi. Jika Anda telah selsai mengedit video stop motion Anda, maka selanjutnya Anda tinggal tap icon yang bertanda panah bawah di sudut kanan atas layar. Untuk menyimpan videonya ke dalam perangkat Android Anda.

Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.