Monday, August 22, 2016

Apa Itu Grading

Pengertian grading adalah tindakan pengklasifikasian sesuatu pada skala kualitas, peringkat, ukuran, perkembangan, dsb.

Apa Itu Grading

Definisi grading adalah peringkat atau tingkat kualitas yang diberikan kepada produk, zat, orang, atau organisasi.

Pengertian grading telur adalah pengkelasan telur berdasarkan kualitas dan kriteria tertentu. Grading telur ayam pada umumnya dibagi menjadi 4 macam (dari kualitas terbaik sampai terburuk) yaitu kelas AA, A, B dan C. (Dwi Joko Setyono : 2013)

Dalam dunia tata busana, dikenal istilah grading. Lalu apakah arti dari grading? Grading adalah mencontoh desain pola baju yang sudah ada, kemudian menyesuaikan kembali sesuai ukuran yang kita mau. Contohnya, kita akan membuat blazer, lalu kita menjiplak pola blazer yang sudah ada, tingga memperbesar atau memperkecil ukuran sesuai ukuran baju dari orang yang akan kita buatkan blazer.

Teknik grading pola ini biasa digunakan oleh pabrik konveksi yang memproduksi banyak baju dengan berbagai ukuran sekaligus. Ini akan memudahkan dan mempercepat pekerjaan, karena dalam sekali produksi dapat dihasilkan satu desain baju dengan berbagai ukuran. Setelah jadi maka kita bisa mengetahui baju ukuran seperti M, L, XL, dan XXL.

Kata grading merupakan serapan dari kata dalam bahasa Inggris yaitu grade yang berarti tingkatan. Sedangkan terjemahan grading adalah gradasi atau menggolong-golongkan. Grading memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut:

  • Mempersingkat waktu pembuatan pola.
  • Mendapatkan ukuran yang tepat berdasarkan pola baku yang sudah ada.
  • Dapat memproduksi baju dengan minimal tiga ukuran.

Sedangkan pola yang sudah lengkap (terdapat saku) akan diletakkan di sebuah papan putih yang bernama lecra system, kemudian dengan remote control pola lengkap tadi dimasukkan ke dalam komputer sehingga para teknisi grading tinggal mengedit beberapa bagian yang dianggap kurang sempurna.

Di dalam komputer, semua ukuran sudah ada jadi para teknisi tak perlu repot lagi harus berpikir sebelum memberikan tambahan ukuran. Mereka tinggal menyesuaikan dengan pola yang sudah terdapat di komputer, dan dalam sekali klik semua pola dengan berbagai ukuran telah siap digunakan.

Pada zaman serba canggih seperti sekarang ini, teknik grading dapat dilakukan melalui software komputer yang memang dirancang khusus untuk grading. Contoh software tersebut yaitu Optitex, Accumax Gerber, Lectra Kaledo, Pad System, Style CAD dan Gemini CAD.

Kalian bisa mencari tahu sendiri tentang kegunaan, kelebihan serta cara kerja dari masing-masing software yang dapat meringankan kerja grading tersebut. Meskipun grading pola harus tetap dilakukan oleh tangan manusia, tetapi kehadiran software di atas sudah sangat membantu meringankan kerja para desainer.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.