Monday, July 11, 2016

Seberapa Cepat Koneksi Internet Anda

Akses fisik ke broadband internet merupakan faktor paling penting dalam meningkatkan akses ke internet. Internet broadband dapat diakses menggunakan beberapa jenis teknologi, dan teknologi yang digunakan akan menentukan seberapa cepat akses broadband internet yang dapat anda raih. Banyak faktor lain yang mempengaruhi kecepatan internet termasuk seberapa cepat Anda men-download file, mengakses informasi, dan menerima email.

Seberapa Cepat Koneksi Internet Anda

Seberapa Cepat Koneksi Internet Anda

Kecepatan = Kualitas


Kecepatan dapat menentukan seberapa baik kualitas video dan audio yang kamu terima melalui internet. Hampir setiap orang merasa terganggu dengan adanya proses “buffering” saat memutar video atau audio melalui internet, sehingga Anda harus menunggu agar datanya lengkap dulu baru audio atau video dapat kembali diputar.

Bandwidth vs Kecepatan


Terdapat dua faktor yang berbeda untuk mengukur kecepatan internet. Bandwidth merupakan lebar pita, atau seberapa besar data yang dapat melewati jaringan tersebut per detik, sedangkan kecepatan merupakan jumlah data yang sedang mengalir di jaringan tersebut. Menggunakan penjelasan ini, Anda dapat memahami bahwa bandwidth yang lebih besar memungkinkan data dengan jumlah yang lebih banyak dalam satu waktu. Namun, belum tentu bandwidth yang besar akan menjamin kecepatan data yang lebih besar. Mudahnya, bandwidth merupakan ukuran pipa yang mengalirkan data.

Sebagai contoh, jika Anda sedang men-download file dengan kecepatan 200kbps menggunakan sambungan internet dengan bandwidth sekitar 200kbps, lalu men-download file lain sementara file sebelumnya belum selesai di-download, aliran data dari dua sumber akan saling berebut bandwidth, sehingga kecepatan download kedua data tersebut akan turun. Jika Anda menambahkan bandwidth menjadi dua kali lipatnya, misalnya 400kbps, kecepatan download tiap file akan tetap 200kbps karena bandwidthnya tersedia untuk 2x200kbps.

Perbedaan Antara Kecepatan Upload dan Download


Pada dasarnya, tidak ada perbedaan antara kecepatan upload dan download kecuali arah aliran datanya. Semakin cepat sambungan internet Anda, maka makin cepat pula kecepatan upload dan download yang dapat diraih. Biasanya penyedia internet untuk rumahan membagi bandwidth untuk upload dan download dengan proporsi bandwidth download lebih besar, mengingat aliran data rumahan lebih banyak menerima data daripada mengirim data. Namun pada perusahaan penyedia konten misalnya, mereka memiliki bandwidth upload yang lebih besar daripada download.

Satuan Pengukuran – Megabits dan megabytes


Kecepatan internet biasanya diukur menggunakan satuan bit per detik. Satu byte sama dengan delapan bit, dan seribu byte sama dengan 1 Kbyte.

Dalam dunia broadband internet, kecepatan internet diukur dalam satuan megabits per detik, biasa disingkat Mbps atau Mbps (contoh: 15 Mbps). Namun, seiring dengan terus berkembangnya teknologi internet, standar kecepatan broadband akan meningkat, sehingga Gigabits (Gbps) mungkin akan tercapai dalam waktu dekat.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.