Wednesday, July 27, 2016

Resiko Minum Air Putih Terlalu Banyak

Resiko Minum Air Putih Terlalu Banyak - Peneliti di Inggris menyebut bahwa National Health Service (NHS) terlalu mengada-ada dengan menyarankan agar masing-masing individu meminum air putih sebanyak enam sampai delapan gelas sehari.

Resiko Minum Air Putih Terlalu Banyak

Dalam satu makalah yang telah diterbitkan ke dalam British Medical Journal, para peneliti memeringatkan supaya tidak begitu saja memercayai apa yang telah disarankan selama ini. Mereka juga mengatakan bahwa apa yang selama ini didengungkan hanyalah omong kosong.

Penulis penelitian yang juga seorang dokter di Glasgow, Dr. Margaret McCartney, mengatakan bahwa manfaat dari minum air putih akan didapat bila diminum dalam jumlah yang banyak terlalu dibesar-besarkan oleh suatu organisasi tertentu dengan kepentingannya sendiri.

Menurut Margaret, dari hasil penelitian yang ada menunjukkan minum air putih ketika sedang tidak haus justru menghambat kita untuk berpikir, bukan meningkatkan kosentrasi yang selama ini kita dengar. Sejumlah bukti terpisah juga menunjukkan bahwa bahan kimia yang digunakan untuk desinfeksi yang ditemukan di dalam air kemasan bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

“Minum dalam jumlah yang berlebih juga dapat menyebabkan kurang tidur, karena orang harus bangun di malam hari untuk kencing. Studi lain juga menunjukkan dapat menyebabkan kerusakan ginjal, bukan mencegahnya,” kata dia, seperti yang dikutip oleh liputan6.com

Dia juga memeringatkan bahwa minum terlalu banyak air dapat menyebabkan satu kondisi yang jarang terjadi, namun berpotensi sangat fatal yang disebut dengan hiponatremia. Di mana kadar garam dalam tubuh menurun dan dapat menyebabkan pembengkakan otak.

Selain itu, terlalu banyak meminum air putih juga dapat menyebabkan hiperhidrosis yang memengaruhi pria dan wanita dengan jumlah yang sama-sama banyak, seperti yang terjadi di kota London, dimana ratusan orang berbondong-bondong mengunjungi rumah sakit (RS) setiap tahunnya dengan keluhan mengalami keringat berlebih. Merasa risih, mereka meminta dokter agar melakukan operasi pengangkatan kelenjar keringat.

Dari jumlah yang cukup banyak itu, sebagian besar dari pasien tersebut diketahui berlebihan dalam meminum air putih per harinya.

Ahli Bedah Konsultan Vaskular di the Whiteley Clinic, London, Profesor Mark Whiteley, mengatakan, di dunia medis kondisi semacam ini dikenal dengan hiperhidrosis. Ini terjadi pada pasien yang menjadi `korban` iklan air putih dalam kemasan yang mengatakan seseorang harus minum dua atau tiga liter sehari.

Secara medis Mark beranggapan bahwa iklan itu menyesatkan dan tidak benar sama sekali. Apabila ada seorang dokter yang menyarankan agar Anda meminum air putih sebanyak dua liter sehari, Anda berisiko mengalami gagal jantung, dan si dokter akan dipecat.

“Jika Anda minum berlebih, ginjal harus bekerja ekstra keras untuk menyingkirkan beban cairan ini,” kata Mark dikutip dari Daily Mail.

Menurut Mark, kita tidak perlu minum air putih dalam jumlah berlebih. Alasannya, setengah liter cairan yang diterima tubuh, dimetabolisme dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.