Thursday, July 28, 2016

Perangkat Yang Dibutuhkan Pebisnis Online

Perangkat Yang Dibutuhkan Pebisnis Online – Apa yang harus disiapkan pebisnis online? Pertanyaan ini sering dikemukakan mereka yang berminat berjualan online, namun belum paham dengan apa yang dibutuhkan, seolah berdagang online itu sesuatu yang sulit, rumit, dan mahal. Padahal bisa jadi semua kebutuhan untuk berjualan online sudah dimiliki sejak lama. Mereka hanya tidak menyadarinya.

Perangkat Yang Dibutuhkan Pebisnis Online

Menjadi Pebisnis online yang serius, dalam artian memang ingin fokus berbisnis di bidang itu, seseorang memang harus mempersiapkan sejumlah hal. Untuk bisa berbisnis online, sudah pasti kita harus memiliki koneksi Internet dan sejumlah perangkat berikut.

Ponsel pintar (smartphone)


Sekarang ini ponsel-ponsel yang menyediakan koneksi Internet sudah bisa didapat dengan harga terjangkau. Koneksi Internet tersebut sebenarnya sekadar membantu kita untuk berkomuni­kasi melalui email, pesan instan (WhatsApp, Blackberry Messenger, Line, dan sejenisnya), atau sekadar browsing. Komunikasi berbasis data di ponsel pintar akan membantu kita berinteraksi dengan calon-calon pelanggan.

Tablet PC


Fungsi gadget mobile yang satu ini mendekati komputer, tapi dalam ukuran dan desain yang jauh lebih praktis dan efisien. Mengunggah foto produk, browsing, bergabung dengan forum, menulis blog, dan berinteraksi di media sosial, bisa dilakukan lebih nyaman dengan benda satu ini ketimbang menggu­nakan ponsel pintar. Kapasitas penyimpanan datanya pun jauh lebih besar ketimbang ponsel. Mereka yang ingin bisnis online-nya tetap dapat berjalan walau sering berpindah-pindah tempat atau mobile, tablet akan sangat membantu.

Komputer


Kenapa harus punya komputer? Selayaknya kantor atau perusahaan, bisnis online sebaiknya dikelola secara serius. Laporan keuangan, stok barang, data pelanggan, hingga buku-buku elektronik pendukung, sebaiknya disimpan rapi dalam bentuk basis data di komputer. Bahkan jika ingin berbagi pengalaman melalui artikel di blog, menulis dengan menggunakan komputer terasa lebih nyaman ketimbang menggunakan tablet atau ponsel. Komputer sangat membantu para pebisnis online mengelola data-data penting. Jangan lupa melakukan back up data di flash disk atau komputasi awan (cloud computing), seperti Drop Box atau Google Drive, serta gadget lainnya.

Koneksi Internet


Hampir semua gadget, termasuk ponsel dan tablet, sudah dilengkapi dengan koneksi Internet dari SIM card seluler. Sementara, komputer perlu didukung dengan Wi-Fi, modem, atau Mobile Wi-Fi (Mifi). Konsultasikan terlebih dahulu dengan teman-teman atau penyedia layanan jaringan Internet, perangkat mana yang paling pas dengan kebutuhan kita. Sering kali kualitas koneksi tergantung pada lokasi.

Perlengkapan pendukung lainnya


a. flash disk

Semakin bertambah banyak pelanggan, juga produk dan jasa yang kita pasar­kan, kebutuhan penyimpanan data juga semakin besar. Oleh karena itu, kita membutuhkan alat penyimpanan data lain untuk mem-back up data yang kita miliki. Nah, salah satu alat penyim­panan data yang harus selalu tersedia adalah flash disk

b. Memori eksternal

Ketika data yang harus kita simpan semakin banyak, flash disk tidak akan sanggup menyimpan semuanya. Kapasitas flash disk yang paling besar saat ini adalah 32Gb. Jadi, kalau data yang hendak kita simpan lebih dari 32 Gb, kita memerlukan alat penyimpanan data yang lebih besar, yaitu memori eksternal.

c. Software antivirus

Selain tempat penyimpanan data tam­bahan untuk mem-back up data yang kita miliki, kita juga wajib waspada ter­hadap ancaman virus komputer. Semua data penting yang dimiliki seorang pebisnis online bisa dicuri dan diman­faatkan oleh kriminal cyber. Ancaman virus selalu saja ada, entah menyusup melalui email, Wi-Fi, situs-situs, bahkan media sosial. Sediakan selalu software antivirus dan rajin melakukan update antivirus tersebut.

Cukup dengan lima perangkat tadi, seseorang sudah bisa menjalankan bisnis online secara serius. Tidak perlu harus memiliki semuanya sekaligus, bisa diper­timbangkan untuk memilih sesuai kebutuhan. Namun, idealnya suatu bisnis online dilengkapi dengan lima perangkat tadi. Setelah memiliki semua perangkat fisik tadi, ada baiknya kita juga melengkapi diri dengan kemampuan soft skill lain.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.