Saturday, July 2, 2016

Pengertian Freeware, Shareware dan Open Source

Pengertian Freeware, Shareware dan Open Source - Perangkat lunak (Software) adalah istilah yang umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasi, dan berbagai hal yang bisa dibaca dan ditulis oleh Komputer.

Pengertian Freeware, Shareware dan Open Source

Menurut International Encyclopedy of Information Science (1997)

Software merupakan bagian dari komponen sistem komputer yang diprogram yang memungkinkan komputer untuk mencocokkan perintah yang diterima untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Definisi ini juga mengkategorikan software ke dalam 3 kategori, yaitu :

1. Software sebagai sistem yang berperan mengendalikan jalannya perangkat komputer dan komponen software lain yang menunjang operasional komputer. Software dalam kategori ini dikenal sebagai sistem operasi, contohnya Windows, Linux, dan Mac.Intosh.

2. Software sebagai program aplikasi yang berperan memenuhi tugas atau perintah tertentu dari sistem. Software dalam kategori ini dikenal sebagai software aplikasi, contohnya Microsoft Office untuk kebutuhan perkantoran, Adobe Photoshop untuk aplikasi gambar dan design, dan Mozilla Firefox untuk aplikasi penelusuran halaman web.

3. Software sebagai perangkat yang menunjang pengembangan dan pembuatan software sebagai aplikasi. Software ini dikenal sebagai software pemrograman, yaitu software bahasa pemrograman seperti PHP, dan HTML.

Menurut Muffatto (2006), software merupakan rangkaian perintah yang dijalankan oleh komputer dimana software berjalan dalam perangkat keras komputer. Muffatto juga mengkontraskan software dengan hardware. Ia berpendapat software merupakan perintah dan sarana dalam menerjemahkan kebutuhan pengguna terhadap komputer, sedangkan hardware merupakan kamar dan pabrik pengolahan perintah tersebut.

Banyak perangkat lunak saat ini yang telah beredar bebas ataupun dengan cara membelinya. Beberapa dari sotware (perangkat lunak) antara lain, Freeware, Shareware, dan Open Source

1. FREWARE


Freeware adalah yaitu software tersebut gratis digunakan, seorang pengguna tidak bisa melihat source code software tersebut, biasanya disertai syarat tidak boleh memodifikasi software tersebut. Ada pula yang disertai syarat harus untuk kepentingan non-komersial. Tetapi syarat mutlak sebuah software disebut freeware adalah tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaiana bagi seseorang yang ingin menggunakannya.

Contoh dari Freeware adalah:

Mozila Firefox

Firefox jauh lebih aman dan nyaman. Tab browsing, dukungan yang baik terhadap teknologi web (CSS dan Javascript), Popup blocker, perluasan dengan extension, RSS feed dan sejumlah keunggulan lainnya. Firefox terbaru, Firefox 2.0 (masih dalam tahap RC2) bahkan sudah dilengkapi dengan antiphising.

Copernic Desktop Search

Perkenalkan Copernic Desktop Search! CDS akan mengindex setiap file di komputer, baik itu file dokumen, gambar, e-mail, video dan music. Hasil pencariannya juga sangat baik. Dilengkapi dengan kolom preview dan text highlight sehingga pengguna bisa melihat isi file yang sangat membantu dalam proses pencarian. Indexing juga bisa dilakukan di network share. Bila freeware sejenis lainnya hanya dapat digunakan di Windows 2000 ke atas maka CDS dapat dijalankan di Windows 9x.

Irfanview

Salah satu freeware image viewer yang paling terkenal adalah Irfanview. Irfanview sangat ringan. Hanya ~800KB untuk program dasar dan ~3MB untuk plugins. Tidak hanya bisa melihat gambar dengan berbagai macam format, Irfanview juga bisa melakukan sedikit manipulasi gambar, antara lain resizing, mengatur kontras gambar, konversi file masal (batch conversion), membuat slideshow, mengisi “file info” pada file gambar, membuat katalog gambar untuk presentasi di web dan lain-lain. Program komersial terkenal sejenis berukuran ~40 MB.

Antivir

Freeware Antivirus buatan Jerman dengan logo payung ini bukan hanya terkenal di tanah kelahirannya tapi juga di dunia. Antivir akan menjaga komputer pengguna dari serangan virus/adware/worm. Rasio deteksinya juga sangat tinggi ditambah dengan konsumsi resource komputer yang relatif kecil. Kelemahannya adalah harus sering online untuk update lisensi pemakaian dan virus definitionnya.

Ccleaner

File-file sampah sering muncul seiring dengan aktifitas kita memakai komputer. Apalagi bila pengguna sering menginstall hapus software komputer. File-file tak berguna bukan hanya memenuhi media penyimpanan pengguna tapi juga memperlambat kinerja komputer. Ccleaner akan menghilangkan file-file sampah, file-file yang tidak terpakai dan membersihkan jejak aktifitas pengguna berkomputer baik di browser dan berbagai aplikasi lainnya. Ccleaner juga bisa menghapus aplikasi yang sulit dihapus melalui “Add/remove programs” di Windows.

OpenOffice

Selengkap Microsoft Office terdiri dari Write (Word), Calc (Excel), Impress (Powerpoint), Base (Access). Menawarkan kompatibilitas penuh terhadap MS Office, Openoffice bisa membuka dan menyimpan ke format MS Office. Pemakaiannya juga tidak jauh berbeda. Keunggulan lain adalah format penyimpanan Open Document yang menggunakan XML kemudian dikompresi dengan ZIP. Hasilnya dokumen OpenOffice jauh lebih kecil daripada MS Office (bandingkan dengan format OLE pada MS Office). Bahkan tersedia versi Portable OpenOffice di www.portableapps.com yang memungkinkan anda membawa kantor anda di sebuah flashdisk.

7-zip

Kompressor file format baru ini menawarkan rasio kompresi yang jauh lebih kecil daripada .ZIP yang terkenal. Aplikasi Opensource ini mendukung hampir semua format arsip antara lain RAR, ACE, ARJ, TGZ, TAR dan lain-lain. Memory yang digunakan untuk dekompresi juga relatif sedikit karena pengguna bisa memilih metode pengarsipan yang tersedia dan “Dictionary Size”. 7-Zip dengan ekstensi .7Z ini menggunakan AES-256 untuk mengenkripsi file arsip.

2. SHAREWARE


Shareware adalah software tersebut dapat didowload dan digunakan pengguna hanya untuk dicoba. Jika pengguna merasa softwarenya bagus, maka diharuskan membeli. Shareware sering dibatasi lama untuk pemakaiannya (misalnya trial 30 hari), atau jumlah software tersebut dijalankan hanya dalam waktu 30 hari, atau fitue-fitur/aplikasi tertentu tidak bisa diakses. Sesudah masa uji coba berakhir maka software tersebut akan terkunci (tidak bisa digunakan lagi) jika pengguna ingin melanjutkan menggunakan sotware tersebut maka dia harus membayarnya. Beberapa contoh dari shareware ini misalnya

StyleXP

Style XP memungkinkan pengguna untuk memperluas fitur kustomisasi Windows XP dan memberikan kepada pengguna kekuatan untuk menginstal tema baru dan dapat meningkatkan Windows XP tersebut dengan menyediakan alat yang berguna banyak seperi memilih, memutar, dan mengatur tema, gaya visual, wallpaper, dan login.

Window Blinds

Windows blind adalah tool buat buka file extension.wba. Tentunya software ini buat yang mengatur tema windows kita . WindowBlinds adalah utilitas perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk benar-benar mengubah tampilan dan nuansa dari Microsoft Windows.

Software ini bekerja dengan menerapkan gaya visual baru, kulit yang disebut, di seluruh user interface (judul bar, tombol push, start menu, taskbar, dll) dari sistem operasi. Sebagai hasilnya, Anda mendapatkan kontrol penuh atas cara Windows terlihat.

WinRAR

WinRAR merupakan salah satu program yang memiliki banyak fungsi yang cukup populer dibidang pengompresan data. Dengan program ini kita bisa mengkompres file-file apa saja. Jadi jika di PC kita banyak terdapat file2 yang berserakan maka kita bisa menyatukannya dengan program ini dan file2 yang kita satukan itu juga secara otomatis akan terkompress filenya sehingga tentunya akan menghemat space hardisk di PC kita. Winrar menawarkan kemampuan untuk membuat selfextracting dan multivolume arsip.

Fiture lainnya dari winrar ini adalah mendukung semua format kompresi populer ( RAR, ZIP, CAB, ARJ, LZH, ACE, TAR, GZip, UUE, ISO, BZIP2, Z and 7-Zip ). WinRAR mampu untuk memulihkan record dan pemulihan volume yang memungkinkan untuk membangun kembali meskipun secara fisik arsip telah rusak. Dan jika menurut anda ada folder-folder ataupun file – file penting yang harus dan tidak ingin orang lain membukanya maka dengan program ini kita bisa memberi sebuah password di folder ataupun files itu

3. OPEN SOURCE


Open Source artinya, software yang dapat kita akses denagn source codenya dibuka ke publik, anda bisa memodifikasi dan mendistribusikan atau mempublikasikan source code hasil modifikasi dengan syarat-syarat tertentu, misalnya dengan tetap mempertahankan nama softwarenya. Biasanya software yang bersifat open source menyertakan kode sumber dalam pendistribusiannya. Tujuan pembuatan open source software biasanya bukan untuk tujuan komersil, namun lebih ke tujuan sosial bagaimana sebuah software bisa bermanfaat bagi para pengguna. kemudian menjadi terkenal setelah dipublikasikan oleh tim O’Reilly melalui sebuah event yang diadakan di bulan April 1999.

Beberapa contoh open source software misalnya Pidgin, qGo, Inkscape, gimp, dan masih banyak lag

Pidgin

Pidgin (nama sebelumnya adalah Gaim) adalah salah satu sofware open source untuk akses layanan olah pesan instan, berdasarkan dari sebuah perpusatakaan yang bernama Libpurple. Libpurple memberi dukungan banyak untuk bagi pengguna umumnya orangnya yang menggunakan olah pesan cepat memungkinkan pengguna untuk login ke berbagai layanan yang berbeda dalam satu aplikasi. Jumlah pengguna Pidgin diperkirakan akan lebih dari 3 juta di tahun 2007

Inkscape

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.

Inkscape bersifat cross-platform[1] dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz[2]), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.