Wednesday, July 13, 2016

Pengertian Internet Banking

Pengertian Internet Banking - Bagi sebagian para pelaku Internet marketing, tentunya mereka yang tidak merasa asing lagi dengan yang namanya Internet Banking atau biasa disebut E-Banking.

Pengertian Internet Banking

Akan tetapi, pasti banyak juga yang tidak terlalu tahu dengan istilah Internet Banking ini. Untuk itu saya akan menjelaskan secara rinci, dan lengkap tentang pengertian Internet Banking.

Saya akan menjelaskan kepada anda dengan sepengetahuan yang telah saya tahu tentang 'Apa itu Internet Banking' agar anda mudah memahaminya.

Internet Banking adalah salah satu layanan perbankan yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi contohnya mobile banking (transaksi yang menggunakan handphone, seperti atm), telepon banking dan sms banking

Selain internet banking ini masih banyak lagi istilah yang ada, contohnya M-Banking dan juga SMS Banking. Untuk perbedaannya hanyalah dari sistem pada pengoperasiannya, M-Banking menggunakan menu ataupun kata lain kita tinggal klik ataupun memilih menu untuk melakukan transaksi sementara, apabila SMS banking konsepnya kurang lebih hampir sama dengan M-Banking tetapi pengoperasiannya melalui sms dengan mengetikkan perintah.

E-banking atau istilahnya Internet Banking telah mempunyai keamanan yang sangat baik sekali, karena pengamanannya terdiri dari dua lapis yaitu Password/Key dan PIN. Untuk itu saya akan jelaskan sedikit lagi.

Lapisan yang pertama - Password


Apabila kita ingin masuk ke akun Internet Banking, jadi jika kita tidak ingat atau lupa dan salah saat memasukkan password yang benar, maka kita tidak akan bisa masuk lagi kedalam akun tersebut.

Lapisan yang kedua - Key


Pengertian Internet BankingDisaat kita ingin melakukan transaksi, misalnya kita ingin melakukan transfer kebank lain, maka kita akan diminta untuk memasukkan key yang terdiri dari 6 Digit. Key ini akan berubah-ubah juka kita ingin melakukan transaksi.

Untuk kedua keamanan tersebut sangat ampuh sekali untuk mengamankan akun kita, apabila ada seseorang yang telah mengetahui password kita, itu hanya percuma saja selama ia tidak memiliki alat fisik untuk menggenerate key disaat akan bertransaksi.

Apa saja fasilitas Internet Banking, belum semua bank di Indonesia yang menerapkan ini, hanya bank-bank besar saja yang menerapkannya, seperti:

  • Bank Mandiri
  • Bank BRI
  • Bank BNI
  • Bank BCA

Sebenarnya ada beberapa bank yang lainnya lagi, tidak mungkin bukan saya sebutkan semuanya disini hehe. Jika anda ingin menggunakan Internet Banking ini saya harap anda bertanya sana-sini terlebih dahulu setidaknya anda tahu apa itu Internet Banking dan fitur-fitur yang ada.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, walaupun internet banking ini keamananya berlapis-lapis tetap saja kalian harus menjaga password akun internet Banking anda dengan sebaik-baik mungkin.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.