Thursday, July 28, 2016

Menghindari Masalah Saat Memotret

Menghindari Masalah Saat Memotret – Berpikir untuk menghindari berbagai masalah merupakan satu hal besar yang seringkali tidak terlihat atau tidak terpikirkan oleh kebanyakan fotografer. Ketika kebanyakan dari kita berpikir lensa apa yang akan dibawa ketika memotret, para fotografer profesional berpikir mengenai tas apa yang akan mereka pakai dalam membawa segala peralatannya. Sepele? Tidak.

Menghindari Masalah Saat Memotret

Coba bayangkan, apa pun kamera dan lensa yang Anda bawa, tentu tidak ada gunanya ketika Anda kehilangan peristiwa yang hendak difoto. Apa hubungannya dengan kehilangan peristiwa? Bisa saja karena Anda membawa tas yang “salah,” Anda menjadi tidak mudah dalam mengakses kamera dan segera memotret. Atau, karena Anda membawa tas yang “seadanya,” ketika hendak memotret, kamera Anda mati karena kelembaban yang terlalu tinggi. Membawa beberapa perlengkapan tambahan juga akan menghindari kita dari masalah. Berikut saya coba jabarkan apa saja yang sebaiknya dipikirkan sebelum Anda berangkat berburu foto.

Baterai


Kehabisan baterai ketika sedang berburu foto merupakan hal yang “berbahaya,” terutama ketika kita sedang berada pada suatu tempat di mana tidak terdapat listrik. Oleh karena itu, sedia baterai cadangan merupakan ide yang bagus. Kalau Anda memiliki dana lebih, belilah vertical grip/battery grip agar kamera Anda bisa membawa dua baterai sekaligus, atau Anda bisa menggunakan baterai biasa (AA) dalam slot tertentu.

Raincoat


Ketika tidak sedang dalam musim hujan, mungkin Anda tidak akan pernah berpikiran untuk membawa raincoat atau mantel bagi tas Anda. Tapi tahukah Anda bahwa mantel untuk tas kamera tidak hanya berguna untuk melindungi tas dan isinya dari air saja? Ketika berpergian pada tempat yang sangat berdebu, sebaiknya tas kamera kita lapisi dengan mantel agar debu dan pasir tidak masuk melalui celah yang ada, dan kemudian merusak secara perlahan peralatan fotografi yang kita bawa.

Kartu Memori


Kehabisan slot memori juga sama fatalnya dengan kehabisan tenaga pada baterai kamera. Untuk pemotretan yang bisa ditunda sejenak demi mengosongkan kartu memori mungkin masih mudah ditangani. Namun bagaimana dengan pemotretan yang menuntut kita untuk tidak lengah sedetik pun?

Untuk mencegah hal di atas, saat ini sudah banyak produsen kamera yang memproduksi kamera dengan slot ganda bagi kartu memori. Namun kalau kamera Anda tidak dilengkapi dengan slot ganda, ada baiknya Anda membawa kartu memori tambahan. Kalau memungkinkan, bawalah juga perangkat untuk melakukan back up data.

Pembersih Lensa


Anda akan sangat jarang menemukan lensa kamera pada fotografer profesional dalam keadaan kotor atau berminyak. Hal ini disebabkan mereka sangat mengutamakan kualitas gambar yang dihasilkan. Pintu pertama cahaya menuju kamera adalah lensa, dan ketika lensa Anda dalam keadaan tidak bersih, tentu kualitas yang dihasilkan juga tidak akan “bersih”.

Tidak ada salahnya Anda membawa perangkat pembersih ke mana pun kamera Anda pergi. Di samping harga yang sangat terjangkau, kebersihan lensa juga akan membuat lensa Anda berumur panjang karena terbebas dari jamur.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.