Thursday, July 28, 2016

Mengenal Black Hat SEO dan White Hat SEO

Mengenal Black Hat SEO dan White Hat SEOSEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu serangkaian­ teknik yang dilakukan agar website mudah ditemukan oleh pencari informasi melalui search engine, dalam hal ini bisa Google, Bing, dan Yahoo.

Mengenal Black Hat SEO dan White Hat SEO

Teknik yang biasa digunakan untuk mengoptimalkan kata kunci [keyword] yaitu dengan meta tag. Terdapat lima jenis meta tag yang dapat dioptimalkan yaitu title tag, meta description tag, meta keyword tag, Img Alt tag, dan body tag.

Black Hat SEO


Black Hat SEO adalah serangkaian teknik yang dilakukan untuk mengakali search engine agar website dapat menempati urutan terbaik dalam mesin pencari. Teknik ini meliputi manipulasi dengan membuat Page Cloaking yakni teknik memanipulasi sebuah halaman agar terlihat berbeda di mata search engine sehingga dapat ditempatkan pada urutan teratas dalam hasil pencarian. Biasanya halaman –halaman yang mendapatkan page cloaking berbeda dengan halaman yang ditujukan bagi pengunjung website.

Contoh dari Page Cloaking adalah dengan membuat banyak keyword di halaman body website, namun agar tidak terlihat oleh pengunjung website maka keyword-keyword tersebut disamarkan dengan membuat warna yang serupa dengan warna latar website.

Membuat sebuah gambar berukuran kecil yang warnanya sama dengan warna latar website, kemudian memasukkan banyak keyword pada bagian Img Alt Tag, dan membuat link ke sebuah halaman yang dikhususkan untuk search engine yang juga sudah diisi dengan banyak keyword.

Masih banyak teknik nakal lainnya yang bertujuan memanipulasi search engine. Dengan memakai teknik ini cepat atau lambat situs web Anda akan terkena banned dan terblokir selamanya sehingga tidak dapat lagi ditemukan lewat Google atau search engine lainnya.

White Hat SEO


White Hat SEO atau dikenal dengan natural SEO merupakan teknik yang fokus pada pengoptimalisasian keyword melalui meta tag, yaitu Title Tag, Meta Description Tag, Meta Keyword Tag, Img Alt Tag, dan Body Tag. SEO natural adalah upaya yang Anda lakukan agar website dapat menempati urutan terbaik di search engine. SEO natural bisa juga dilakukan dengan menggunakan layanan Google Adword yaitu sebuah layanan iklan berbayar dengan system per klik [PPC/Pay Per Click]. Jika Anda mencari informasi dengan kata kunci tertentu akan terlihat sederet website dengan keyword yang Anda cari. Sederet website tersebut adalah iklan yang dipasang dengan menggunakan keyword tertentu.

Target pengunjung yang ingin dicapai lewat pemasangan iklan di Adwords ini sangat baik, karena rata-rata mereka mencari lewat search engine Google dengan mengetikkan kata kunci tertentu. Iklan Anda akan muncul pada bagian kolom atas atau samping kanan hasil pencarian Google ketika ada pencari informasi mengetikkan keyword yang sama dengan keyword yang Anda bidik melalui iklan Adsense. Namun, Anda harus membayar setiap kunjungan (karena tiap kunjungan/klik akan mengurangi deposit Adwords Anda) jumlahnya tergantung dari besar biaya yang Anda masukkan sewaktu memasang iklan yang biasanya dari beberapa sen hingga beberapa dollar/keyword untuk satu kali kliknya.

Selain dengan Adwords, melakukan SEO natural sangat mudah hanya dengan mengutak-atik atau menyisipkan beberapa bait kode meta tag kesebuah halaman website. Namun dibutuhkan kesabaran untuk menunggu hasilnya dan diperlukan ketepatan dalam memilih keyword, hamper dipastikan 90% suksesnya upaya SEO adalah ketepatan dalam memili keyword. Selain itu, ada syarat utama yang harus Anda perhatikan agar mendapatkan hasil yang optimal yaitu

Website menggunakan hosting berbayar


Anda tidak akan mendapatkan hasil yang optimal jika website Anda menggunakan hosting gratisan untuk melakukan SEO. Website Anda harus berada pada hosting premium. Sekarang ini sudah banyak penyelenggara share hosting yang bisa Anda gunakan untuk menghosting situs web Anda, namun jika Anda memiliki cukup dana gunakan private hosting (PVS hosting).

Perhatikan juga up time hosting Anda, karena hosting yang sering mengalami down time akan berpengaruh pada hasil pencarian. Contoh kasus: ketika robot serach engine sedang mengunjungi website Anda untuk mencek konten terbaru website Anda, namun menemukan website Anda dalam kondisi downtime maka robot tersebut akan mengidentifikasi website Anda sudah tidak ada.

Jika sering terjadi downtime, website Anda bisa dihapus dari halaman daftar data base search engine tersebut yang berakibat tidak lagi ditemukannya website Anda di halaman Google.

Website harus memiliki konten yang cukup


Konten website Anda harus cukup dengan teks agar menunjang teknik-teknik SEO, untuk itu setidaknya sebuah artikel website harus memiliki 500 kalimat dan minimal 10 halaman. Banyak yang tidak menyadari pentingnya teks konten di dalam halaman website sehingga sering kali pemilik website malas untuk memasukkan teks yang cukup ke dalam websitenya. Untuk itu perlu diakali dengan pembuatan slogan tertentu dan kalimat-kalimat penunjang lainnya. Dan untuk website yang minim konten, bisa kita akali dengan menggunakan artikel SEO. Copy writing menjadi penting dalam SEO. Bagi Anda yang tidak mahir menyusun kalimat, bisa menggunakan jasa Copy writing. Copy writing juga menjadi bisnis tersendiri karena semakin dibutuhkan, mengingat Google sendiri sudah memberikan arahan yang jelas bahwa Google menyukai situs-situs yang gemuk dan relevan dengan meta tag yang digunakan.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.