Tuesday, July 12, 2016

Cara mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Cara mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan - Fasilitas yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan ini pasti diterima oleh kamu saat usia kamu mencapai 55 tahun atau sesuai dengan persyaratan-persyaratan tertentu. Perlu diketahui Iuran program JHT ini bukan dibayar oleh kamu secara pribadi saja melainkan juga ditanggung oleh perusahaan.

Cara mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Iuran rutin per bulan sebanyak 2 persen dibayar oleh kamu sebagai tenaga kerja sementara perusahaan membayar sebesar 3,7 persen. Tentunya program ini sangat bermanfaat saat kamu memasuki masa pensiun atau tiba-tiba berhenti bekerja setelah memenuhi masa kepesertaan lima tahun dan masa tunggu satu bulan.

Namun, seringkali pencairan dana JHT dari BPJS Ketenagakerjaan ini dianggap ribet oleh sebagian besar masyarakat. Nah, berikut adalah 6 solusi bagi kamu yang ingin mengatasi ribetnya mencairkan dana JHT BPJS;

  • Datang ke kantor BPJS Ketenaga Kerjaan sendiri karena dalam pencairan dana JHT BPJS tidak bisa diwakilkan
  • Tanyakan petugas mengenai prosedur pencairan saldo Jaminan Hari Tua atau JHT dan Isi formulir yang diberikan secara lengkap. Mulai dari Kartu Jamsostek asli, KTP asli dan fotokopi, KK asli dan fotokopi, Buku Tabungan asli dan fotokopi, serta Surat Pengalaman Kerja dari perusahaan lama asli dan fotokopi.
  • Lampirkan berkas persyaratan asli dan fotokopi dalam map yang telah diberikan petugas sebelumnya.
  • Segera pergi ke loket pemeriksaan kelengkapan dokumen dan lakukan verifikasi selama kurang lebih 5 menit
  • Bawa berkas yang telah diverifikasi kepada petugas dan minta nomor antrian pada penjaga setempat di loket pelayanan pencairan.
  • Setelah itu kamu bisa menerima pembayaran setelah data-data yang telah kamu berikan diperiksa dan dinyatakan lulus oleh petugas
  • Intinya, prosedur yang dilakukan sebenarnya mudah hanya saja kamu benar-benar memerlukan kelengkapan berkas dan setiap detil yang ada agar kamu tidak bolak-balik saat mengurus pencairan dana BPJS.

Layanan-layanan dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online


Beda BPJS Kesehatan, beda juga BPJS Ketenagakerjaan. Dalam setiap pekerjaan, pasti akan selalu ada resiko di dalamnya, mulai dari sakit, kecelakaan, ataupun karena hal-hal lainnya yang berpotensi menyebabkan pekerja tak bisa melakukan tugasnya dengan normal. Inilah alasan kenapa kemudian di setiap tempat kerja, Anda akan dianjurkan untuk mengeluarkan iuran demi asuransi tenaga kerja tersebut, yang sekarang ini ditangani oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Ada banyak alasan kenapa Anda sebaiknya mendaftarkan diri melalui BPJS Ketenagakerjaan online, antara lain kemudahan dan manfaatnya.

Merupakan bentuk lanjutan dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), BPJS merupakan bentuk apresiasi dan juga perlindungan bagi pekerja sehingga terlindung dari segala macam kemungkinan resiko yang bisa terjadi, yang menghambat kemampuannya untuk melakukan pekerjaan dengan optimal. Program dari BPJS Ketenagakerjaan ini sendiri ada 4, yaitu:

1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Perlindungan atas berbagai macam resiko kecelakaan yang bisa terjadi di dalam hubungan kerja, baik dalam perjalanan ke tempat kerja atau terkena penyakit di sana.

2. Jaminan Hari Tua (JHT)

Merupakan simpanan setelah pekerja pensiun.

3. Jaminan Kematian (JKM)

Santunan bagi ahli waris dari pekerja jika peserta BPJS meninggal dunia, dan bukan karena terjadinya kecelakaan di tempat kerja.

4. Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK)

Membantu ketika terjadi masalah kesehatan pada pekerja, yang meliputi mencegah penyakit, perawatan di klinik dan rumah sakit, serta pengobatan.

Dukungan dari BPJS bagi para pekerja ini juga terlihat dari mudahnya melakukan segala hal yang berkaitan dengan BPJS ini secara online. Fasilitas yang tersedia dan bisa Anda lakukan via internet untuk BPJS antara lain:

Pendaftaran


Anda bisa langsung mendaftarkan diri Anda melalui website resmi BPJS yang sudah tersedia. Isi formulir yang disediakan, tunggu email balasan, baru setelah itu Anda membawa syarat-syaratnya ke kantor BPJS terdekat.

Electronic Payment System (EPS)

Anda tidak harus datang langsung untuk membayar iuran BPJS tiap bulannya. Cukup lewat internet.

Cek saldo JHT

Untuk Anda yang ingin memantau via internet berapa saldo yang sudah Anda kumpulkan untuk hari tua nanti.

E-klaim

Kalau Anda ingin mengambil JHT yang sudah dikumpulkan, Anda bisa melakukannya secara online.

Whistleblower system

Sistem pencegahan korupsi di mana Anda bisa memberikan informasi ketika melihat atau menemukan ada staf BPJS yang korupsi.

Langkah untuk memastikan bahwa semua fasilitas BPJS ini bisa diakses masyarakat banyak lewat internet merupakan bagian dari harapan agar para pekerja mau mengikuti BPJS agar terlindungi. Dengan adanya segala kemudahan yang diberikan tersebut, maka tak ada lagi alasan sulit atau harus pergi terlalu jauh untuk melakukan semua prosedur yang diperlukan, bukan?

Adapun langkah awal yang harus Anda lakukan jika ingin mendaftarkan diri Anda adalah sebagai berikut:

  • Bukalah situs resmi dari BPJS Ketenagakerjaan.
  • Lihatlah ke kolom di kanan atas, dan carilah tulisan untuk daftar BPJS.
  • Isilah formulir yang disediakan, dan juga email perusahaan atau tempat kerja di mana Anda mendaftar.
  • Tunggulah sampai ada email balasan.
  • Siapkan persyaratan yang disebutkan, dan datang langsung ke kantor BPJS terdekat.

Itulah beberapa hal tentang BPJS Ketenagakerjaan yang perlu Anda ketahui, dari layanan yang disediakan dan juga pendaftarannya. Tidaklah sulit untuk mengurusnya dan tak perlu ragu dengan layanannya. Apalagi sekarang ini sudah ada sistem whistleblower, di mana Anda bisa ikut memantau kinerja dari petugas-petugas BPJS dan melaporkan ketika ada korupsi yang terjadi.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.