Sunday, July 31, 2016

Cara Merawat Sepatu Futsal

Cara Merawat Sepatu Futsal - Para pecinta futsal tentunya memiliki sepatu futsal sebagai perlengkapan dalam menyalurkan hobinya bermain futsal di lapangan. Sehingga sepatu futsal merupakan barang yang tentunya perlu dijaga keawetannya supaya tidak terus menerus mengeluarkan uang untuk membeli sepatu futsal. Terlebih lagi jika sepatu futsal yang sudah dimiliki merupakan sepatu futsal dengan harga yang cukup menguras kantong, pastinya kita harus menjaga sepatu futsal tersebut agar tahan lama dan kita tidak perlu memboroskan uang kita untuk terus menerus membeli sepatu futsal.

Cara Merawat Sepatu Futsal

Untuk mengetahui cara atau tips dalam merawat sepatu futsal, berikut ini ada beberapa cara dalam merawat sepatu futsal agar bisa awet dan tahan lama.

Cara Merawat Sepatu Futsal


1. Setelah memakai sepatu futsal, sepatu bisa menjadi lembab karena terkena keringat dari kaki kita. Kelembaban ini dapat memicu munculnya jamur dan bakteri pada sepatu dan bisa menimbulkan bau tidak sedap. Untuk itu, agar udara lembab dapat segera keluar, kita bisa melonggarkan ikatan tali sepatu futsal.
2. Bersihkan sepatu futsal dengan menggunakan lap basah pada bagian atas sepatu.Setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan lap kering agar sepatu tidak basah.
3. Bersihkan juga bagian bawah sepatu, karena bagian ini paling mudah terkena kotoran. Yang terpenting jangan terlalu sering membersihkannya karena justru akan merusak permukaan alas sepatu futsal tersebut. Kita dapat membersihkannya dengan memanfaatkan tusuk gigi atau jarum dan juga sikat.
4. Janganlah mengguyur air pada seluruh bagian sepatu atau merendam sepatu di dalam air.
5. Jangan meletakkan kaos kaki di dalam sepatu, apalagi kaos kaki yang terlihat basah akibat keringat. Karena bisa menimbulkan jamur dan bau yang tak sedap.
6. Pada saat kita ingin menjemur sepatu, jangan diletakkan pada tempat yang dapat terkena sinar matahari secara langsung, karena dapat merusak komposisi sepatu futsal kita. Lebih baik meletakkan pada tempat yang berangin.
7. Gunakanlah sepatu futsal yang kita miliki hanya untuk bermainfutsal. Jangan digunakanuntuk kegiatan lain apalagi menggunakan sepatu futsaldi trotoar atau jalan yang terbuat dari beton. Hal ini dapat merusak bagian alas sepatu futsal.
8. Saat kita akan menggunakan sepatu futsal, usahakan untuk selalu memakai kaos kaki, karena kaos kaki dapat membantu menyerap keringat dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam sepatufutsal yang kita miliki.
9. Kita dapat memasukkan kapur barus yang dibungkus kertas atau tissue ke dalam sepatu futsal agar tidak menimbulkan bau yang tak sedap dan juga dapat menghindari sepatu dari gangguan semut,kecoa, ataupun rayap.
10. Lakukan perawatan terhadap sepatu futsal anda secara rutin. Karena sebaik apapun kualitas sepatu futsalyang kita miliki,namun jika kita malas untuk merawatnya, maka hal tersebut dapat mengakibatkan sepatu futsal kita menjadi cepat rusak.

Cara Mengikat Tali Sepatu Futsal


1. Pada saat awal, siapkan sepatu futsal yang tidak ada tali sepatunya, kemudian siapkan juga sepasang tali sepatufutsalyang akan digunakan.
2. Ambil satu tali sepatu dan lipat menjadi dua bagian yang sama panjang.
3. Ambil salah satu ujung tali, biasanya tertutup plastik, kemudian masukkan ke dalam lubang tali pada sepatu futsalbagian kiri yang paling ujung dan paling bawah. Ambil ujung tali sepatu yang satunya lagi dan masukkan pada lubang tali bagian kanan yang paling ujung dan paling bawah.
4. Tarik kedua tali kemudian genggam dengan satu tangan. Pastikan kedua tali sepatu terbelah menjadi 2 sama panjang.
5. Silangkan tali sepatu satu sama lainnya agar membentuk huruf X. Kemudian masukkan pada lubang tali diatas lubang tali yang sebelumnya, dengan cara tali yang berasal dari lubang kiri harus dimasukkan ke dalam lubang tali bagian kanan. Begitu juga sebaliknya, tali yang berasal dari lubang bagian kanan harus dimasukkan ke dalam lubang tali bagian kiri, dengan kata lain bersilangan.
6. Lakukan terus langkah no. 5 sampai semua lubang tali sudah dimasuki dengan tali sepatufutsal.
7. Untuk sepatu yang sebelahnya, lakukan dengan cara di atas.
8. Pakailah kaos kaki yang pas dengan kaki dan masukkan kaki kita ke dalam sepatu yang sudah diberi tali.
9. Ikat kedua ujung tali seperti biasa, yaitu dengan menyilangkan tali sebelah kanan ke kiri dan tali sebelah kiri ke kanan, kemudian masukkan ke bagian dalam salah satu tali, dan di tarik.
10. Tekuk salah satu ujung, seperti akan membuat pita (biasanya kita akan menekuk ujung yang satunya dengan cara yang sama lalu mengikatkan keduanya), lalu lingkarkan tali yang satu lagi ke tali sudah ditekuk sebanyak 2 kali.
11. Lalu tekuk tali yang tadi melingkarkan, dan masukkan ke 2 lingkaran yang tadi dibuat, lalu kencangkan.
12. Jika bagian tali yang terikat agak panjang, anda dapat menyelipkannya pada bagian tali sepatu yang ada pada lubang di bawahnya, sehingga tidak terurai.
13. Sekarang sepatu futsal anda sudah siap digunakan dan anda bisa menikmati permainan futsaldengan lebih aman dan nyaman.

Cara Merawat Sepatu Futsal

Tips merawat sepatu futsal yang sudah dijelaskan tersebut cukup mudah untuk dilakukan, yang terpenting adalah dilakukan secara konsisten. Biasanya jika sepatu futsal kita masih baru, memang kita cukup rutin dalam merawatnya, namun jika sudah sebulan atau dua bulan, biasanya kita sudah terasa malas untuk merawatnya. Maka yang dibutuhkan adalah sikap konsisten dari kita dalam merawat sepatu futsal kita. Dengan begitu, walaupun sepatu yang kita miliki hanyalah sepatu futsal yang tidak terlalu mahal, namun jika kita merawatnya dengan baik, maka sepatu tersebut bisa lebih awet dan tahan lama. Itulah tips-tips yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.