Saturday, July 30, 2016

Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula - Motor kopling didominasi oleh pilihan motor sport, motor laki (bahasa jawabnya motor lanang) seperti yamaha vixion dan ninja RR, motor gede (moge), dan beberapa motor bebek ditengarai juga menggunakan kopling manual seperti satria fu.Bagi seorang laki-laki yang mengendarai motor kopling akan lebih terlihat MACHO.

Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Jika dibandingkan dengan motor matix, tentu saja motor kopling manual banyak kekurangannya. Salah satu kelemahan dari motor kopling manual adalah karena pengendaranya akan mudah capek saat menggunakan motor tersebut. Hal ini tentu saja berbeda dengan motor matix dimana sang pengemudi bisa bebas dalam mengendarainya tanpa harus dipusingkan dengan mengganti perseneling.

Bagi anda yang ingin belajar cara mengendarai motor kopling, anda tidak perlu khawatir karena dibawah ini anda akan mendapatkan informasi yang lengkap mengenai langkah mengendarai motor kopling tersebut.

Cara Dasar Mengendarai Motor Kopling


1. Hidupkan kontak Motor

Cara mengendarai motor kopling yang harus anda lakukan di tahap awal adalah menancapkan kunci dan memutarnya menjadi posisi ON. Anda harus memastikan bahwa kondisi gigi pada saat itu dalam kondisi netral (Hal ini ditandai dengan lampu dengan indikator N yang akan menyala dengan warna hijau pada motor tersebut.

2. Menyalakan Mesin Motor

Langkah berikutnya adalah menyalakan mesin motor anda. Ada dua pilihan cara menyalakan motor anda tersebut yaitu dengan double starter atau bisa juga dengan kick starter. Tunggu beberapa saat, biarkan mesin tersebut menyala selama 1 menit agar kondisinya panas terlebih dahulu.

3. Siap Menjalankan Motor

Jika anda ingin menjalankan motor maka tariklah dan tahan tuas kopling anda. Kemudian injak (ke depan) secara perlahan persenelingnya dan masukan ke gigi satu dan posisi kopling masih di tarik.

4. Melepas Kopling dan Menarik Gas Secara Perlahan

Selanjutnya, jangan langsung melepaskan tuas kopling secara penuh (ini akan membuat motor anda mati mendadak). Lepaskan kopling tersebut perlahan dan putar handle gas motor anda dengan perlahan. Motor akan berjalankan dengan sendirinya secara perlahan.

5. Menambah Gigi

Untuk menambah gigi, pastikan anda menahan kopling dan kemudian injak gigi perseneling bagian belakang atau di jungkit bagian depan.

6. Mengurangi Gigi

Untuk mengurangi gigi, pastikan anda menahan kopling. Kemudian injak bagian depan gigi persneling.

7. Cara Berhenti

Saat anda ingin berhenti, yang harus anda lakukan adalah menarik dan menahan tuas kopling motor anda tersebut. Kemudian, kurangi kecepatan dengan memutar handle gas anda tersebut ke arah depan dan pelan-pelan sambil mengerem motor.

Jika motor sudah berhenti, lepaskan tuas kopling.

Jangan lupa untuk mengunci motor anda pada saat sudah berhenti. Putar kunci motor anda pada posisi lock. Pasang dalam kondisi standar.

Cara Menambah Gigi atau Mengurangi Gigi Motor Kopling


  1. Lakukan hal yang serupa dengan cara diatas.
  2. Setelah itu, tambahkanlah laju motor anda dengan memutar gas hingga mencapai rentang waktu selanjutnya
  3. Jika kecepatannya sudah 10 km/jam, tarik dan tahan tuas kopling, selanjutnya masukan gigi motor anda tersebut
  4. Cara untuk mengetahui kapan harus menambah dan mengurangi gigi tidak hanya dengan melihat speedometer kecepatan saja, namun anda juga bisa mendengar raungan mesin anda. Mengapa anda harus selalu mengecek dua hal tersebut? Ini akan menjaga supaya speedometer dan mesin anda tidak sampai rusak.
  5. Setelah anda menarik dan menahan tuas kopling, masukan perseneling motor anda ke gigi kedua.
  6. Lepaskan tuas kopling anda secara perlahan
  7. Tambah laju motor anda sesuai dengan cara yang diinginkan.
  8. Selanjutnya anda bisa melakukan cara mulai dari nomer 2 – 7 diatas untuk mengganti gigi dan menambahkan ke rentang kecepatan berikutnya.
  9. Cara mengurangi gigi cukuplah sederhana. Anda bisa mengurangi laju motor anda tersebut dan putar handle gas anda ke arah yang berlawanan
  10. Selanjutnya tarik dan tahan tuas kopling anda
  11. Injak perseneling untuk mengurangi gigi motor anda
  12. Lakukan cara tersebut ( 9 – 11) seterusnya untuk mengurangi gigi hingga seterusnya.

Tiga hal yang harus di perhatikan saat belajar mengendarai motor kopling adalah:

  • Kopling.
  • Gigi Persneling.
  • Gas.

Ketika menambah atau mengurangi gigi perseniling, pastikan kolping anda tarik.

Sementara antara gas dan kopling ini, untuk mengoperasikannya secara berlawanan. Ketika anda ingin menjalankan motor, anda tarik gas secara perlahan dan lembut sembari melepaskan kopling secara perlahan.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.