Wednesday, July 6, 2016

Cara Mendapatkan Beasiswa di Amerika

Cara Mendapatkan Beasiswa di Amerika - Seperti yang diketahui bahwa kuliah di luar negeri merupakan salah satu impian para pelajar yang ada di seluruh negara lain. Salah satunya ialah negara Indonesia yang mana terdapat banyak sekali pelajar yang ingin mencari ilmu di luar negeri. Bahkan, untuk sekolah di negara lain ini pun tak selalu diperlukan biaya yang mahal, karena telah ada sistem beasiswa yang memudahkan serta meringankan proses pembiayaan selama masa sekolah. Seperti halnya dengan kuliah di luar negeri ini, bisa untuk mengejar ilmu jenjang S1, S2 hingga ke jenjang yang lebih tinggi lainnya.

Cara Mendapatkan Beasiswa di Amerika

Begitu juga dengan program beasiswa Amerika 2016 yang merupakan salah satu program yang paling ditunggu. Dimana pada program ini, pemerintah Indonesia telah bekerja sama dengan negara tersebut. Sehingga, terjalin komunikasi serta hubungan yang baik untuk bisa menerima pelajar dari negara Indonesia ini.

Agar bisa bergabung dan juga mengikuti kuliah di negara ini, memang diperlukan beberapa syarat yang lebih khusus. Sebagai syarat yang wajib nan wajar dalam bersekolah disini, entah dimana pun Universitas yang nantinya akan dipilih. Yang mana dengan terlebih dahulu memiliki beberapa syarat berikut ini sebelum beberapa ketentuan yang diwajibkan oleh masing-masing Universitas, diantaranya:

  • Memiliki skor TOEFL setidaknya minimal 550.
  • Mempunyai kemampuan secara akademik dan non akademik.
  • Menyiapkan Statement of Purpose yang lebih spesifik terhadap setiap beasiswa yang ingin dipilih atau diajukan.
  • Talah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di masing-masing Universitas yang dipilih.
  • Membuat CV yang terdapat points of importance secara sistematis.
  • Mendapat dukungan yang penuh atau surat izin dari negaranya.

Atas pemenuhan beberapa kriteria tersebut, Anda pun bisa melanjutkan kuliah disini dengan program beasiswa. Terlebih lagi, program ini ada banyak, lebih dari satu yang bisa dipilih serta disesuaikan oleh kemampuan dan kemampuan calon mahasiswa itu sendiri. Bila perlu, Anda bisa mengikuti yang lebih dari satu, untuk mendapatkan cadangan bilamana di program yang pertama tak lolos, masih bisa mengikuti program beasiswa yang lainnya.

Dari beberapa program beasiswa di negara ini, Anda pun bisa mengikutinya beserta ketentuannya, diantaranya:

  • Beasiswa pertukaran mahasiswa Indonesia dan Amerika, yaitu suatu beasiswa yang diperuntukkan kepada peserta didik dengan prestasi yang tinggi sekaligus menjadi wakil dari negara Indonesia.
  • Beasiswa kelas internasional, merupakan program beasiswa yang diberlakukan bagi mahasiswa yang masuk di kelas Internasional bersama besarnya prestasi yang dimiliki.
  • Dartmouth college scholarships merupakan salah satu kerjasama dari kampus tersebut untuk memberikan dana bagi mahasiswa yang berprestasi.
  • Beasiswa DIKTI yang termasuk sumber kuliah gratis sampai lulus bagi mahasiswa Indonesia.
  • Beasiswa kedinasan ialah beasiswa yang diperuntukkan oleh mahasiswa yang ingin menempuh S1, S2, S3.
  • Beasiswa LPDP ialah beasiswa untuk yang ingin mengikuti program Doktoral dan magister.
  • Columbia college scholarships ialah beasiswa yang berasal dari sekolah ini teruntuk mahasiswa internasional.

Beberapa jenis beasiswa tersebut, merupakan program beasiswa Amerika yang bisa diikuti oleh siapapun. Entah bagi mereka yang ingin mengikuti pembelajaran di program S1, S2 hingga S3. Namun, sebelum itu, masing-masing calon haruslah memiliki syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Setelahnya, mengikuti ujian agar lolos seleksi dan mendapatkan salah satu dari program beasiswa itu. Yang mana, pada masing-masing beasiswa ini memberikan kesempatan kepada semua calon untuk siap bersaing dan mendapatkan sekolah gratis. Teruntuk mendaftar pun mudah, yaitu melalui seleksi via online ataupun internet dengan mengakses situs resminya. Kemudian syarat yang lainnya bisa dilampirkan untuk siap mengikuti seleksi tersebut.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.