Sunday, July 31, 2016

Cara Memakai Sabuk Karate

Cara Memakai Sabuk Karate - Anda seorang kyokushin (pemula dalam karate)? Namun, anda mengalami kesulitan dalam memakai sabuk karate? Setiap karateka atau atlet karate pasti menggunakan karategi saat bertanding ataupun saat latihan. Karategi merupakan baju seragam resmi yang digunakan oleh karateka. Karategi terdiri atas baju, celana, dan sabuk.

Cara Memakai Sabuk Karate

Pemakaian sabuk sangat penting bagi karateka atau kyokushin karena sabuk merupakan lambang pencapaian tahap bagi seorang karateka. Sabuk karate memiliki beragam warna yang mewakili tiap tahapan yang dicapai oleh seorang karateka.

Arti Warna Pada Sabuk Karate


a. Sabuk Putih

Sabuk putih digunakan oleh kyokushin (pemula) karena sabuk putih melambangkan kemurnian dan kesucian.

b. Sabuk Kuning

Sabuk kuning melambangkan matahari dan merupakan tahap akhir bagi pemula. Pengguna sabuk kuning biasanya sudah diajarkan tahapan gerak kumite dalam karate.

c. Sabuk Hijau

Sabuk hijau melambangkan rumput dan pepohonan. Pengguna sabuk hijau biasanya sudah mampu menggali dan memahami secara lebih dalam mengenai ilmu-ilmu dalam karate. Tahapan karateka pengguna sabuk hijau adalah tahap pertumbuhan layaknya rumput dan pepohonan.

d. Sabuk Biru

Sabuk biru melambangkan samudera dan langit. Pengguna sabuk biru diharapkan mampu mengahdapi tantangan yang dihadapinya dengan semangat setinggi langit. Tetpi juga harus mampu mengontrol emosi dan kedisiplinan lyaknya ombak di samudera.

e. Sabuk Coklat

Sabuk coklat melambangkan tanah. Pengguna sabuk coklat pemegang kyu 1 sampai 2 harus memiliki kesimbangan sikap dan mampu melindungi juniornya dengan rendah hati layaknya tanah yang berada di bawah.

f. Sabuk Hitam

Sabuk hitam melambangkan keteguhan hati dan sikap percaya diri yang didasari pada nilai-nilai kebaikan. Pengguna sabuk hitam adalah memiliki tanggung jawab yang besar karena pada tahap ini karateka mulai mendalami karate. Dan sabuk hitam merupakan sabuk yang paling diidamkan oleh para karateka.

Jadi, penggunaan sabuk bagi seorang karateka sangat penting dan dalam maknanya. Oleh karena itu anda tidak boleh keliru dalam pemakaian sabuk. Selain itu sabuk karate juga berguna untuk menahan baju karate anda sehingga tidak mengganggu gerakan anda.

Cara Memakai Sabuk Karate


Untuk memakai sabuk karate yang benar, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan.

1. Anda terlebih dahulu memakai celana karate seperti biasa. Usahakan tidak terlalu rapat dan terlalu kendor karena akan mempengaruhi pola gerak kaki anda.

2. Setelah itu, pakailah baju karate dan rapikan bagian baju yang dilipat ke dalam. Lalu lapiskan bagian baju yang satunya sehingga pada posisi sempurna.

3. Kemudian, ambillah sabuk kerate anda dan posisikan logo kanku (logo perguruan) di sebelah kanan anda.

4. Setelah itu, tempelkan bagian tengah sabuk tepan di depan perut atau bagian pusar anda dengan logo perguruan masih berada di sebelah kanan anda.

5. Setelah itu, lingkarkan terus sabuk ke bagian belakang tubuh anda dan sabuk akan saling memotong pada bagian punggung anda. lalu, lingkarkan hinga kedua ujung sabuk berada di bagian depan.

6. Setelah itu, samakan kedua ujung sabuk karate anda. Jika tidak sama, anda dapat mengeser- geserkannya sedikit sampai ujungnya sejajar. Usahakan dalam pemakaian sabuk karate tidak terdapat bagian yang melinting taupun terlipat.

7. Kemudian, anda membuat simpul ikatan dan merapikannya.

Setelah anda memahami cara memakai sabuk karate yang benar, anda tidak perlu kesulitan lagi untuk memakai sabuk karate dan tidak perlu meminta bantuan teman anda lagi untuk memasangkan sabuk karate.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.