Sunday, July 31, 2016

Cara Kerja Rem Cakram Kendaraan Bermotor

Cara Kerja Rem Cakram Kendaraan Bermotor - Bagaimanakah cara kerja rem cakram? Pada saat ini sudah banyak kendaraan yang menggunakan rem cakram. Rem cakram biasanya dipasang pada roda bagian depan kendaran bermotor.

Cara Kerja Rem Cakram Kendaraan Bermotor

Adanya gesekan antara rem dan cakram yang menyebabkan terjadinya daya pengereman dan apabila dilakukan pengereman berkali-kali, maka akan menyebabkan panas akibat gesekan tersebut. Oleh karena itu pada rem cakram terdapat piringan cakram yang berfungsi untuk menggunakan gejala panas tersebut dan dapat menjaga kestabilan kemanan serta kenyamanan dibandingkan menggunakan tromol.

Sebelum, anda mengetahui cara kerja rem cakram, sebaiknya anda terlebih dulu mengetahui komponen-komponen yang terdapat pada rem cakram.

Komponen-komponen Rem Cakram


Berikut ini, saya jelaskan komponen-komponen yang terdapat pada rem cakram.

1. Piringan cakram

Komponen rem cakram yang pertama adalah piringan cakram. Komponen ini terbuat dari besi tuang yang dapat menahan panas dari gesekan akibat proses pengeraman dan tahan terhadap korosi. Piringan cakram merupakan koponen yang secara langsung menghasilkan proses pengereman dengan terjadinya gesekan antara piringan cakram tersebut dengan kampas rem.

2. Master Rem

Master rem merupakan komponen yang paling penting dari rem cakram yaitu berfungsi sebagai penekan minyak rem. Hal tersebut dikarenakan sistem kerja dari rem cakram adalah tekanan dari minyak rem terhadap kaliper rem.

Terdapat beberapa bagian yang menempel pada master rem, yaitu bak penampung minyak rem, handle rem sebagai penekan piston, dan pegas untuk memantulkan kembali handle rem agar kembali ke posisi semula.

3. Piston

Piston pada rem cakram berfungsi sebagai pembuka dan penutup lubang aliran minyak rem pada bak penampungan untuk menekan minyak rem ke arah kaliper

4. Selang rem

Selang rem berfungsi sebagai alat penyalur dari minyak rem yang telah ditekan oleh piston ke kaliper rem.

5. Kaliper rem

Pada kaliper rem juga terdapat piston atau penekan yang berfungsi untuk menekan kampas rem. Jumlah piston atau penekan dalam kaliper rem beragam, ada yang hanya satu piston dan ada juga yang terdiri atas dua atau tiga piston dalam kaliper rem.

6. Kampas rem

Kampas rem biasanya terbuat dari dari campuran asbes yang dapat menghasilkan gesekan dan mencengkram kuat piringan rem. Di dalam kampas rem terdapat garis-garis yang berfungsi untuk mengurangi panas akibat gesekan.

Cara Kerja Rem Cakram


Setelah anda mengetahui komponen-komponen yang terdapat di dalam rem cakram. Barulah anda memahami tentang cara kerja rem cakram di bawah ini.

Cara kerja rem cakram adalah pada saat anda menginjak pedal rem, maka piston pada master rem akan tertekan dan terdorong ke depan. Hal tersebut memberikan tekanan pada minyak rem dan diteruskan melalui selang rem ke piston yang menyebabkan kampas rem terdorong, sehingga kampas rem tersebut mencengkram piringan cakram.

Hal tersebutlah yang menyebabkan terjadinya pengereman sehingga laju motor semakin lambat dan berhenti.

Kemudian, pada saat anda melepaskan pedal rem akan menyebabkan adanya peregangan sehingga tidak adanya gesekan antara kampas rem dan piringan cakram. Oleh karena itu rem bebas dan tidak terjadi pengereman. Selain itu, ada banyak keuntungan menggunakan rem cakram dari pada menggunakan rem tromol.

Keuntungan Menggunakan Rem Cakram


1. Konstruksinya Sederhana

Kelebihan penggunaan rem cakram dibandingan dengan rem tromol adalah rem cakram memiliki konstruksi atau susunan yang sederhana, sehingga memudahkan bagi anda para penggunanya untuk mengganti atau membukanya.

2. Tidak Berisik

Rem cakram menggunakan piringan yang terbuka atau bagiannya berada di luar sehingga piringan tersebut terkena angin secara langsung yang dapat meradiasikan panas dan jarang terjadi feding.

3. Tidak Terdapat Selt Energinik Efek

Kelebihan rem cakram lainnya adalah pada rem cakram tidak terdapat selt energinik efek sehingga tidak terdapat pembebanan saat proses pengereman.

Sekarang, anda dapat memahami dengan jelas cara kerja pada rem cakaram sehingga terjadinya pengereman. Selain itu, anda juga dapat memahami kelebihan kendaraan bermotor yang menggunakan rem cakaram dari pada menggunakan rem tromol.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.