Wednesday, July 13, 2016

Beberapa Langkah Mendapatkan Ide Kreatif

Beberapa Langkah Mendapatkan Ide Kreatif - Sebagai seorang penulis atau profesi semacamnya yang membutuhkan kreatifitas, kita di tuntut untuk bekerja keras dalam mendapatkan ide-ide cemerlang yang memiliki keunikan dan nilai tersendiri. Namun, sering kali proses dalam mendapatkan ide dianggap sangat sulit, di karenakan ide tidak akan muncul setiap saat.

Beberapa Langkah Mendapatkan Ide Kreatif

Bagaimana anda menjaga ide tetap ada? Bagaimana anda membuat ide yang banyak agar dapat di pilih salah satunya? Bagaimana anda mendabatkan sebuah ide jitu untuk tulisan, iklan, artikel blog yang benar-benar menonjol dari yang lain?

Pertama-tama, apa sih ide itu? Menurut James Webb Young dalam bukunya yang berjudul "A Technique for Producing Ideas" pertama kali di terbitkan pada tahun 1940, mengatakan : "An ideas is nothing more nor less than a new combination of old elements". yang artinya, sebuah gagasan yang tidak lebih dan tidak kurang dari suatu kombinasi baru yang menggunakan unsur lama.

Jadi, bagaimana anda menggabungkan unsur-unsur lama atau "apa yang telah anda ketahui sebelumnya" ke dalam suatu ide yang baru? Young mengatakan "Kapasitas untuk membawa unsur-unsur lama menjadi kombinasi baru tergantung pada kemampuan untuk melihat hubungan". Setelah mengetahui apa ide itu, sebaiknya kita melangkah ke topik utama yaitu, Beberapa Langkah Mendapatkan Ide Kreatif.

1. Mengumpulkan Informasi


Informasi adalah bahan baku dari terciptanya suatu ide. Terdapat dua informasi yang relevan, yaitu khusus dan umum.

Informasi umum meliputi apa saja yang telah anda ketahui sejak lahir hingga saat ini. Pada dasarnya berawal dari pengetahuan umum dan pendidikan. Biasanya informasi ini di dapatkan dengan cara banyak membaca dan mengamati dunia di sekitar anda, khususnya pada orang, bagaimana mereka hidup, apa yang mereka pikirkan dan bagaimana mereka berprilaku.

Untuk Informasi khusus, yaitu informasi spesifik secara langsung yang relevan dengan topik anda. Anda perlu mendapatkan semua informasi yang spesifik sesuai dengan kebutuhan dari apa yang ingin anda buat. Jika anda menulis sebuah iklan untuk produk atau pelayanan, anda akan mendapatkan sebagian besar informasi dari klien, meskipun terkadang anda dapat melakukan beberapa penelitian sendiri. Jika anda menulis topik pada postingan blog, anda harus mengumpulkan informasi yang lebih luas serta relevan dengan topik anda.

Memanfaatkan internet adalah cara tercepat untuk mendapatkan informasi yang spesifik. Akan tetapi, anda harus bijaksana dan membuang informasi yang benar-benar tidak relevan dengan topik anda. Jika tidak, anda akan mengalami kesulitan pada langkah berikutnya.

2. Menyaring Informasi


Setelah informasi yang dikumpulkan telah cukup, amati dan lihat bagaimana semuanya akan terlihat cocok bila di satukan bersama-sama. Anda perlu mencoba melakukan suatu pendekatan yang perlahan untuk melihat topik anda dari berbagai sudut. Ini di perlukan agar informasi yang tidak begitu berguna dapat anda hapuskan.

Pada tahap ini, potongan kecil ide akan muncul walaupun terkadang agak sulit menuangkannya kedalam tulisan dan biasanya ide tersebut akan tampak gila atau ngawur. Semakin anda menghidupkan dan menyaring informasi, sebaiknya anda pahami dulu sebelum benar-benar menghubungkannya. Dengan itu, anda akan memiliki semakin banyak ide yang bisa dituliskan.

3. Biarkan Informasi Muncul


Pada tahap ini, anda perlu untuk beristirahat sejenak dan memikirkan apa yang telah anda raih atau dapatkan. Biarkan alam bawah sadar anda bekerja untuk sementara waktu. Ini diperlukan untuk meraangsang imajinasi dan emosi. Cobalah dengan bersantai, membacam mendengarkan musik, meditasi, berjalan-jalan, atau lakukan hal yang membuat anda rileks, sementara pikiran anda mencerna fakta-fakta dari apa yang telah di dapatkan sebelumnya. Di Jepang biasanya orang akan berendam di air hangat atau onsen untuk menenangkan pikiran mereka.

4. Biarkan Ide Mengalir


Ini adalah tahapan dimana ide-ide harus mulai muncul. Di tahap ini seharusnya sudah muncul ide yang lebih menonjol dari yang lain. Jawaban untuk masalah anda mungkin muncul dan masuk kedalam kepala anda tanpa alasan yang jelas.

Tapi bagaimana kalau tidak muncul? Anda tetap dapat melihat ide-ide terbaik yang telah anda temukan sebelumnya. Jika ide-ide tersebut tidak cukup kuat, jangan panik, anda dapat memilih ide-ide yang lebih baik dan nyata dengan mengikuti langkah berikutnya.

5. Bentuk dan Kembangkan Ide Anda


Sekarang ide anda perlu di bentuk dan di eksekusi, untuk berubah menjadi sesuatu yang nyata. Disinilah kemampuan menulis dan mendesain yang anda miliki di butuhkan. Banyak berlatih adalah salah satu kunci untuk mengasah kemampuan tersebut.

6. Berbagi Ide


Sekarang anda dapat menunjukkan ide anda kepada orang lain dan melihat apa yang mereka pikirkan, gampangnya mintalah komentarnya. Mereka mungkin dapat menambah dan membuatnya menjadi lebih baik. Itu juga dapat memicu ide-ide baru yang tidak terpikir sebelumnya, sehingga anda dapat menjadi semakin kreatif.

7. Bilas dan Ulangi


Tahap ini dapat anda lakukan bila benar-benar di perlukan. Anda dapat menggunakan umpan balik dari langkah 6, dan menambahkan informasi yang telah anda kumpulkan di langkah 1. Selanjutnya ulangi langkah 2 dengan memilah informasi baru (bisa dari komentar orang lain dan semacamnya) dengan fakta-fakta yang ada. Kemudian ulangi langkah 3,4,5 dan 6.

Melakukan semuanya tentu dibutuhkan kerja keras karena seringkali anda akan menemukan jalan buntu. Tetapi dengan mengasah kemampuan berfikir, anda dapat menjadi lebih kreatif dari sebelumnya.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.