Wednesday, July 13, 2016

Atasi Rambut Berketombe dengan Jeruk Nipis

Atasi Rambut Berketombe dengan Jeruk Nipis - Rambut merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat penting peranannya. Selain sebagai penunjang penampilan, rambut juga memiliki fungsi untuk melindungi kulit kepala dari segala reaksi lingkungan luar seperti panasnya sinar matahari.

Rambut dikatakan juga sebagai mahkota kepala. Seseorang yang memiliki rambut yang indah dan sehat tentu akan sangat percaya diri untuk bertemu dan tampil di depan orang banyak. Namun, rambut juga memiliki banyak permasalahan kesehatan dan kecantikan. Salah satu masalah rambut tesrebut ialah kulit kepala yang berketombe.

Atasi Rambut Berketombe dengan Jeruk Nipis

Ketombe adalah sel kulit mati yang yang berasal dari kulit kepala. Ketombe tersebut berwarna putih dan menimbulkan rasa gatal pada kepala tersebut.

Penyebab munculnya ketombe biasanya berasal dari beberapa faktor seperti penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan jenis kulit kepala dan juga adanya pengaruh dari lingkungan luar sepserti debu dan kotoran yang menempel pada rambut. Debu dan kotoran tersebut lama kelamaan akan menimbulkan jamur yang terus berkembang biak sehingga menyebabkan rasa gatal.

Selain menyebabkan rasa gatal, seringkali ketombe tersebut muncul dan tampak pada bagian rambut terluar sehingga menggangu penampilan dan membuat rasa percaya diri menjadi berkurang.

Banyak produk kecantikan rambut yang memberikan solusi untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala. Namun, biasanya solusi tersebut hanya sesaat dan ketombe dapat muncul kembali.

Oleh karena itu perlu penanganan agar membuat ketombe tidak muncul lagi. Sebenarnya mengatasi ketombe dapat dilakukan secara alami. Cara tersebut sangat aman dan tentunya ekonomis serta dapat dengan mudah ditemukan dilingkungan sekitar. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan rambut dan menghilangkan ketombe ialah jeruk nipis.

Atasi Rambut Berketombe dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu kelompok jeruk yang biasanya digunakan untuk pelengkap bumbu masakan. Selain untuk masakan, jeruk nipis juga dapat dijadikan sebagai obat herbal alami.

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi yang mampu memperbaiki sel- sel kulit yang rusak dan mempercepat regenerasi sel tersebut. Pada kulit kepala, vitamin C yang berasal dari buah jeruk tersebut akan mengurangi minyak berlebih pada rambut karena umumnya jenis kulit kepala berminyak lebih cepat mengalami ketombe karena kotoran dari luar yangmenghasilkan jamur akan cepat menempel pada rambut. Selain itu vitamin C ini juga akan memperbaiki sel kulit kepala tersebut sehingga lebih sehat.

Cara penggunaannya juga sangat mudah yaitu dengan membelah jeruk nipis tersebut menjadi dua bagian dan menggosokannya ke kulit kepala sambil dipijat. Kemudian diamkan selama 20-30 menit lalu lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo seperti biasa. Lakukan perawatan tersebut minimal 1 minggu sekali agar kulit kepala sehat dan bebas ketombe.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.