Saturday, June 25, 2016

Tips Cerdas Sebelum Membeli VGA Komputer

Tips Cerdas Sebelum Membeli VGA Komputer - VGA merupakan salah satu hardware tambahan yang berfungsi sebagai pendukung untuk menambah kualitas grafis pada suatu komputer. VGA sangat penting untuk sebuah komputer yang sering dimainkan game ataupun untuk software-software yang membutuhkan kualitas grafis tinggi. Jika anda ingin membeli sebuah VGA untuk komputer anda, ada baiknya anda membaca tips berikut ini agar anda tidak salah dalam menentukan pilihan. Berikut ini tipsnya :

Tips Cerdas Sebelum Membeli VGA Komputer

1. Hal pertama yang harus anda lakukan ialah melihat jenis slot VGA pada mainboard, apakah berbentuk AGP ataupun PCI-Express, hal ini sangat penting karna jika anda salah membeli jenis VGA yang sesuai dengan slot, maka VGA anda tidak akan dapat digunakan.

2. Pilihlah merk VGA yang sudah terkenal seperti NVIDIA ataupun ATI radeon. Banyak jenis VGA yang menawarkan harga murah, tetapi kualitas yang cendrung kurang baik. Pilihlah merk yang sudah jelas kualitasnya agar anda mendapatkan kepuasan.

3. Jika anda membeli dalam bentuk " Seken ", pastikan PIN VGA masih baik dengan tidak ada PIN yang terbakar ataupun calar karna tergores. PIN sangatlah sensitif dan sangat mempengaruhi hidup atau matinya VGA, jadi, pastikan PIN dalam kondisi baik.

4. Perhatikan Fan / kipas pendingin yang ada pada VGA tersebut, pastikan kipas berfungsi secara maksimal, jika kinerja kipas pada VGA kurang maksimal, maka suhu panas yang dihasilkan akan merusak komponen VGA itu sendiri.

5. Jika anda membeli VGA dengan tujuan untuk bermain game, maka belilah VGA dengan kapasitas minimal 512 MB ataupun 1 GB dan pastinya dapat di overlock. Apa yang dimaksud dengan overlock ?? Overlock merupakan peningkatan kualitas kinerja pada suatu VGA dimana VGA mampu menghasilkan kinerja lebih untuk menghasilkan kualitas grafik yang baik.

6. Sebelum memilih VGA, ada baiknya anda melihat terlebih dahulu daya dari power supply anda, apakah mampu untuk menjalankan VGA yang anda beli. VGA saat ini sudah begitu canggih dan tentunya sangat membutuhkan daya yang besar.

7. Disarankan untuk memilih VGA yang mendukung teknologi API (Application Program Interface). API merupakan progam yang berfungsi untuk menampilkan gambar 3D. Program API yang biasa digunakan sebagai ialah :

- OpenGL, Kelebihan program Open GL adalah dapat meng-update driver VGA terbaru melalui internet. Selain itu, OpenGL sudah bisa digunakan pada semua system operasi, baik Linux, Windows maupun Mac OS X.

- DirectX, Kelebihan DirectX adalah dilengkapi direct3D untuk mengolah grafik, DirectSound untuk mengolah suara dan DirectPlay untuk mengolah jaringan. Aplikasi ini didukung dengan update terbaru yang bisa di akses disitus resmi microsoft.

Ketujuh tips tersebut semoga dapat membawa manfaat untuk anda.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.