Monday, June 27, 2016

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Buka Bersama

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Buka Bersama - Sekali ramadhan tetap ramadhan. Hati gembira melihat diskon baju murah bertebaran di layar televisi. Berkah bulan puasa tidak pernah terbesit secara gamblang, perlahan mengena di hati setiap pelaksananya. Doa-doa yang mustajab serta iming-iming ribuan pahala ditebarkan ke penjuru jagat raya. Agar umat yang berpuasa tetap menjaga ibadahnya selama satu bulan penuh.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Buka Bersama

Puasa tidak lepas dari acara bernama “Buka Bersama”. bermunculan paket paket murah di hotel-hotel, kedai, dan warung kaki lima berharga paket borongan/kelompok. Hanya dengan 10 orang, makanan/porsi bisa di jangkau dengan uang 10.000. Bukan cuma harga yang miring, namun inti dari perhelatan buka bersama untuk mempertemukan muka-muka yang terlupakan dalam sekolompok komunitas. Alumni-alumni Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai bangku perkuliahan berlomba-lomba mengadakan “pengajian rutin alumni”.

Pertemuan di ball room hotel, angkringan, rumah makan atau hotspot buka bersama. Menjadi saat yang mendebarkan. Melihat teman-teman dari PAUD/SD/SMP/SMA/Pondok sudah tumbuh secara fisik dan fiskal. Kerlap-kerlip kenangan masa lalu akan tersaji di depan teman-teman mengenai mantan atau pacaran. Banyolan pribadi akan menjadi pembicaraan khalayak umum. Suasana tempat buka pun menjadi riuh ramai dengan tawa yang bercampur haru melepas rasa rindu.

Terdepat beberapa hal yang harus diperhatikan jikalau berangkat ke acara buka bersama

Punya Niat Untuk Hadir

“Innamal ‘amalu bin an-niyat …. “ (perbuatan itu tergantung pada niat). Jangan berpikir terlalu dalam, kalau nanti pada saat acara bakal bertemu musuh, mantan, atau betal (gebetan gagal). Semua hanyalah hiasan dari setiap acara-acara yang di lalui setelah kalian lulus dari sebuah instansi pendidikan. Pastikan “niat-tekad-nekad-bulat” bersatu padu untuk menghadapi resiko keberangkatan anda menuju bukber. Pastikan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini dengan baik

“Kapan nikah ?”

“Katanya sudah tunangan sama tetanggaku ?”

“Mantannya sudah di ijab sama kamu belum ?”

Jangan pura-pura tidak mendengar. Jangan memakai headset ketika pertanyaan itu terlontar dari teman.

Datang Bersama Teman

Perlu di ingat acara itu adalah buka bersama bareng alumni sekolah. Jangan mengubah tagline acara menjadi buka bersama bareng alumni (hati) di sekolah. Biarkan bukber itu menjadi milik alumni bukan milik per seorangan. Sehingga tidak menjadi ajang CLBK. Kasihan panitia yang sudah musyawarah tiga hari tiga malam untuk persiapan tempat, pengumpulan dana, serta menyebarkan inforamasi ke penjuru jagat. Tiba-tiba jadi ajang balikan.

Berangkat bersama teman satu sekolah jadi solusi untuk menjaga tagline yang dibuat oleh panitia. Sebuah pengahargaan tiada tara untuk mensukseskan acara tahunan tersebut. Menjadi peserta bukber yang taat membawa kalian pada pintu kesuksesan kolektif. Tidak ada gunjingan dari pihak musuh, mantan, maupun gebetan gagal.

Jangan Jaim

“Ketemuan itu senang bareng bukan jaim bareng” qaul iklan setiap shubuh menjelang imsak. Alarm untuk teman-teman yang sok cuek, sok jutek, sok diam, dan sok-sok yang lainnya untuk melepaskan tawa bersama. Bukber yang dilakukan satu tahun sekali (kecuali:2017) dengan iuran yang tidak seberapa, kesempatan untuk menjewer mantan yang dulu di ajak ketemuan malah sembunyi di balik tirai kamar tidur, menyampaikan gombal on stage pada gebetan gagal, serta foto dengan wanita untuk di upload di media sosial dengan tag #bukberdapatpasangan.

Tunjukan kebiasaan-kebiasaan masa lalu mu untuk menyembuhkan rasa rindu di kalangan teman-teman. Makan dengan porsi banyak dengan kecepatan kilat atau ngupil serta kentut di barengi dengan ekspresi. Perilaku-perilaku itu jangan disimpan sebab menyebabkan suasana bukber menjadi sepi tanpamu. Suara-suara sumbang itu terlontar dari salah satu mulut kawan.

“Aku kangen entut mu pas ulangan matematika. Ambune sak ruangan. Guru sak muride do metu kabeh”

Tiga tips di atas mungkin bisa membantu pembaca yang budiman untuk menghadapi beberapa undangan bukber dari panitia alumni PAUD hingga kampus. jangan terlalu di hiraukan nasihat-nasihat pacar yang merengek minta pergi ke tempat rekreasi tapi meninggalkan bukber bareng alumni. INGAT SILATURAHMI MEMBUAT UMUR KITA PANJANG !

Semoga tetap tenang menghadapi diskon di mall-mall dan toko baju lainnya. Siapkan isi dompet berupa selebaran dengan tanda tangan gubernur BI yang berhologram. Pastikan situasi rohani anda sehat agar di hari lebaran tidak baper karena sandal baru tertukar sandal lebaran tahun lalu.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.