Breaking News
Loading...

Wednesday, June 29, 2016

Cara Membaca Huruf Korea yang Baik dan Benar

Cara Membaca Huruf Korea yang Baik dan Benar - Tahukan Anda bahwa belajar membaca huruf Korea lebih mudah dibanding belajar menulis huruf Korea. Alasannya karena huruf Korea banyak yang memiliki bunyi hampir sama. Sehingga menyulitkan kita ketika ingin menulis huruf Korea dari apa yang kita dengar. Apalagi jika kita belum mengenal dan paham bunyi pelafalan bachim. Saya yakin belajar membaca huruf Korea jika kita serius dan rajin dalam menjalaninya, maka paling lama dalam waktu satu minggu pun kita sudah bisa membaca tulisan Korea dengan benar.

Cara Membaca Huruf Korea yang Baik dan Benar

Kenapa saya menyimpulkan bahwa belajar menulis huruf Korea lebih sulit dibanding cara belajar membaca huruf Korea?

Ok saya akan berikan contoh kecilnya

Jika kita mendengar kosakata “cheoneun” (saya) maka jika kita tidak tahu cara penulisannya yang benar, mungkin kosakata tersebut akan kita tulis : 저는, 처는, 쩌는, 조는, 초는, dan 쪼는.

Apakah tulisan tersebut salah? Ya jelas salah besar! Hanya satu tulisan saja yang benar.

Mungkin jika kita melihat tulisan latin “cheoneun”, kita akan hanya menganggap seperti ini saja저는 dan 처는. Karena jelas dalam kosakata “cheoneun” jika dipisah “ch–eo-n-eu-n” dan disitu ditulis “eo” bukan “o” artinya “ㅓ” bukan “ㅗ”. Namun untuk huruf “ch” seperti yang sudah kita tahu di dalam huruf Korea ada dua macam, “ㅈ” dan “ㅊ”. Dengan begitu walaupun kita melihat tulisan latinnya, belum tentu 100% akan benar menulis huruf Koreanya. Apalagi jika kita menulis huruf Korea yang bersumber dari yang kita dengar.

Pusing ya?

Maka dari itu saya mengambil kesimpulan bahwa cara belajar menulis huruf Korea yang benar lebih sulit daripada belajar membaca huruf Korea. Satu-satunya solusi agar kita pintar menulis huruf Korea yaitu dengan seringnya berlatih menulis huruf Korea dari buku pedoman atau dari kamus.

Ok disini saya tidak akan membahas lebih jauh bagaimana cara menulis huruf Korea, namun yang akan saya bahas pada kesempatan cemerlang ini adalah belajar cara membaca huruf Korea dengan baik dan benar.

Namun sebelum dilanjutkan, alangkah baiknya jika Anda memahami dulu huruf-huruf Korea (Hangeul) yang sudah saya tulis di artikel Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Hangeul.

Cara Membaca Huruf Korea yang Baik dan Benar


Ketika kita membaca huruf Korea atau istilahnya huruf Hangeul (한글) berbeda dengan cara membaca huruf latin dan huruf romawi. Huruf korea memiliki bunyi awal, bunyi tengah, dan bunyi akhir. Artinya bunyi huruf Korea selalu berubah-rubah, tergantung letak posisi dari huruf tersebut.

Contohnya huruf “ㄱ” kita bisa membacanya “K” dan juga boleh dibaca “G”. Huruf Korea yang dibacanya tidak tetap (tergantung posisi) adalah hanyalah huruf konsonan. Sedangkan untuk huruf vokal bunyinya tetap walaupun tempatnya berubah-rubah. Dan juga tidak semua huruf konsonan berubah bunyi, contohnya huruf “ㅁ” dan “ㄴ”. Walaupun posisinya selalu berubah-rubah, kedua huruf ini dibaca “M” dan “N” saja.

Bagaimana sampai disini sudah agak mengerti? Jika belum mengerti, silakan diulang lagi penjelasannya! Namun jika sebaliknya, mari kita lanjutkan pembahasannya.

Wajib kita ketahui dan pahami juga bahwa dalam membaca huruf Korea terdapat cara pengucapan bunyi huruf. Cara ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu :

1. BUNYI KUAT DAN TAJAM


Bunyi kuat dan tajam artinya jika kita bertemu dengan huruf Korea “ㅉ” (CC), “ㄲ” (KK), “ㄸ” (TT), “ㅃ” (PP), dan “ㅆ” (SS) harus diucapkan dengan bunyi kuat serta tajam dari bunyi huruf konsonan tunggalnya.

2. BUNYI ASPIRASI


Bunyi aspirasi artinya artinya jika kita bertemu dengan huruf-huruf tertentu Korea pengucapannya harus disertai dengan sebuah hembusan udara. Yang termasuk huruf bunyi aspirasi adalah “ㅊ” (CH), “ㅋ” (KH), “ㅌ” (TH), dan “ㅍ” (PH).

3. BUNYI SAMAR


Bunyi samar adalah pengucapan huruf secara samar atau tidak jelas. Karena huruf-huruf Korea yang termasuk huruf samar ini memiliki bunyi dua huruf. Yang termasuk huruf Korea yang harus dibaca samar adalah “ㄱ” (K/G), “ㄷ” (T/D), “ㅂ” (P/B), “ㄹ” (R/L), dan “ㅈ” (C/J).

4. BACHIM


Aturan pelafalan bunyi bachim adalah bunyi huruf yang harus berubah bunyi pengucapannya ketika huruf tersebut bertemu dengan huruf yang sudah ditentukan.

Sekarang mari kita belajar cara membaca huruf Korea yang sudah disusun kedalam sebuah kosakata dan kalimat. Contohnya saya mempunyai kosakata bahasa Korea seperti ini :

“장갑” maka dibaca “changgap” artinya “sarung tangan”. Kosakata ini jika diuraikan huruf hangeulnya adalah : ㅈ–아–ㅇ–ㄱ–아–ㅂ. Masing-masing huruf jika dibaca satu-persatu adalah :

ㅈ = huruf konsonan dasar, dibaca CH jika diawal, J jika ditengah, dan T jika diakhir;

아 = huruf vokal dasar, dibaca A;

ㅇ = huruf konsonan dasar, hanya ditemukan diakhir dan dibaca NG;

ㄱ = huruf konsonan dasar, dibaca K jika diawal, G jika ditengah, dan K jika diakhir;

아 = huruf vokal dasar, dibaca A;

ㅂ = huruf konsonan dasar, dibaca P jika diawal, B jika ditengah, dan P jika diakhir;

Kosakata “장갑” terdiri dari dua suku kata, yaitu “장” dan “갑”. Suku kata pertama dibaca “CHANG” bukan “JANG” dan bukan “TANG”. Lihat huruf pertamanya adalah ”ㅈ” dan dibaca dengan bunyi huruf awal dari suku kata pertama, yaitu “CH”. Kemudian huruf keduanya adalah ”아” ini adalah huruf vokal dibaca “A”. Peraturan huruf vokal, jika digabungkan dengan satu suku kata yang terdapat huruf konsonan maka huruf bantu ”ㅇ” dihilangkan, yang ada hanya huruf “ㅏ”. Huruf ketiga dari suku kata “장” adalah huruf konsonan “ㅇ” yang dibaca “NG”.

Kemudian untuk suku kata kedua adalah “갑”. Suku kata kedua ini dibaca “GAP” bukan “KAP”, bukan “GAB”, dan bukan “KAB”. Walaupun posisi huruf “ㄱ” ada diawal, tapi ini termasuk huruf tengah dari gabungan dengan suku kata pertama. Dengan begitu bunyi huruf “ㄱ” adalah bunyi huruf tengah yaitu berbunyi “G”. Huruf kedua masih sama seperti yang sudah dijelaskan pada suku kata pertama, yaitu huruf “ㅏ” dan berbunyi “A”. Huruf ketiga adalah huruf “ㅂ” dan ini adalah huruf konsonan serta posisinya ada diakhir. Dengan begitu bunyinya adalah “P” bukan “B”.

Bagaimana sampai langkah ini apakah Anda sudah bisa membaca huruf Korea dalam bentuk kosakata belum? Selanjutnya saya akan tambah lagi kosakatanya, dan silakan Anda baca dengan benar! Berikut kosakatanya :

① 경비소 ② 경찰소 ③ 화장실 ④ 목욕탕 ⑤ 대사관

Ayo silakan Anda baca lima kosakata diatas dengan benar! Jika Anda Anda mampu membacanya dengan lancar, selamat Anda sudah bisa membaca huruf Korea dengan benar. Namun jika kesulitan, berarti Anda harus mengulang lagi pembahasan ini dari awal.

Ok mari kita samakan bagaimana cara membaca huruf Korea diatas. Mudah-mudahan sama dengan saya.

① 경비소 = KYEONG-BI-SO artinya (pos satpam);

② 경찰소 = KYEONG-CHAL-SO artinya (kantor polisi);

③ 화장실 = HWA-JANG-SIL artinya (toilet);

④ 목욕탕 = MOK-YOK-TANG artinya (kamar mandiin);

⑤ 대사관 = TAE-SA-GWAN artinya (kedutaan).

Untuk lebih memperlancar lagi, silakan Anda belajar membaca huruf Korea yang bersumber dari buku panduan Bahasa Korea, koran Korea, dan sebagainya. Semakin sering Anda latihan membaca huruf Korea, maka akan semakin terbiasa. Kalau mau dibawah ini saya berikan sebuah kalimat yang ditulis dalam tulisan Korea (hangeul). Silakan Anda baca dan semoga sukses!

① 저는어제 친구하고 같이 부산을 여행했습니다.

② 부산까지 기차를 타고 갔습니다.

③ 그리고 부산역에서 택시를 타고 광안리 해수욕장에 갔습니다.

④ 광안리는 해운대와 함께 부산에서 가장 아름다운 해수욕장입니다.

⑤ 광안리 맞은편에는 광안대교가 보였습니다.

⑥ 그 다리는 한국에서 인천대교 다음으로 긴 다리로 유명합니다.

⑦ 정심시간이 되어 자갈치시장 가서 맛있는 해산물 요리를 먹었습니다.

⑧ 마지막으로 국제시장에 갔습니다.

⑨ 국제시장은 여러 나라의 물건을 싸게 살 수 있는 곳이었습니다.

Contoh Kosakata Bahasa Korea


  1. 안녕 하십니까 ? dibaca “Annyeong hasimnikka” artinya (Apa kabar ?, Selamat pagi, Selamat siang, Selamat sore, Selamat malam) Formal.
  2. 안녕 하세요 dibaca “Annyeong haseyo” artinya (Apa kabar ?, Selamat pagi, Selamat siang, Selamat sore, Selamat malam) Informal.
  3. 안녕히 가십시오 dibaca “Annyeonghi kasipsio” artinya (Selamat jalan) Formal.
  4. 안녕히 가세요 dibaca “Annyeonghi kaseyo” artinya (Selamat jalan) Informal.
  5. 잘가요 dibaca “Chalgayo” artinya (Selamat jalan) Informal.
  6. 안녕히 계십시오 dibaca “Annyeonghi kyesipsiyo” artinya (Selamat tinggal) Formal.
  7. 안녕히 계세요 dibaca “Annyeonghi kyeseyo” artinya (Selamat tinggal) Informal.
  8. 안녕히 주무십시오 dibaca “Annyeonghi Chumusipsiyo” artinya (Selamat tidur) Formal.
  9. 안녕히 주무세요 dibaca “Annyeonghi Chumuseyo” artinya (Selamat tidur) Informal.
  10. 잘자요 chal chayo dibaca “Chal chayo” artinya (Selamat tidur) Informal.
  11. 축하합니다 ! dibaca “Chukhahamnida” artinya (Selamat !) Formal.
  12. 축하해요 ! dibaca “Chukhahaeyo” artinya (Selamat !) Informal.
  13. 생일 축합니다 dibaca “Saengil chukhahamnida” artinya (Selamat ulang tahun) Formal.
  14. 생일 축하해요 dibaca “Saengil chukhahaeyo” artinya (Selamat ulang tahun) Informal.
  15. 새해복 많이 받으세요 dibaca “Saehaebok manhi padeuseyo” artinya (Selamat tahun baru) Informal.
  16. 즐거운 휴일 보내세요 dibaca “Chulgoun hyull poneseyo” artinya (Selamat berlibur) Informal.
  17. 실례합니다 dibaca “Sillyehamnida” artinya (Permisi) Formal.
  18. 여보세요 dibaca “Yeoboseyo” artinya (Hallo/untuk telepon) Informal.
  19. 예/네 dibaca “Ye/Ne” artinya (Ya) Informal.
  20. 아니오 dibaca “Anio” artinya (Tidak) Informal.
  21. 네, 있습니다 dibaca “Ne, Isseumnida” artinya (Ya, ada) Formal.
  22. 네, 있어요 dibaca “Ne, Issoyo” artinya (Ya, ada) Informal.
  23. 아니오, 없습니다 dibaca “Aniyo, opsemnida” artinya (Tidak, tidak ada) Formal.
  24. 아니오, 없어요 dibaca “Aniyo, opsoyo” artinya (Tidak, tidak ada) Informal.
  25. 물론 입니다 dibaca “Mullon imnida” artinya (Tentu saja) Formal.
  26. 감사합니다 dibaca “Kamsahamnida” artinya (Terima kasih) Formal.
  27. 고맙습니다 dibaca “Komapseumnida” artinya (Terima kasih) Formal.
  28. 고마워요 dibaca “Komawoyo” artinya (Terima kasih) Informal.
  29. 천만에요 dibaca “Cheonmaneyo” artinya (Sama-sama) Informal.
  30. 미안합니다 dibaca “Mianhamnida” artinya (Ma’af) Formal.
  31. 미안해요 dibaca “Mianhaeyo” artinya (Ma’af) Informal.
  32. 죄송합니다 dibaca “Choesonghamnida” artinya (Mohon ma’af) Formal.
  33. 죄송해요 dibaca “Choesonghaeyo” artinya (Mohon ma’af) Informal.
  34. 괜찮습니다 dibaca “Kwenchanseumnida” artinya (Tidak apa-apa) Formal.
  35. 괜찮아요 dibaca “Kwaenchanayo” artinya (Tidak apa-apa) Informal.
  36. 알았습니다 dibaca “Arasseumnida” artinya (Sudah tahu) Formal.
  37. 알았어요 dibaca “Arassoyo” artinya (Sudah tahu) Informal.
  38. 알아요 dibaca “Arayo” artinya (Tahu atau Mengerti) Informal.
  39. 몰라요 dibaca “Mollayo” artinya (Tidak tahu atau Tidak mengerti) Informal.
  40. 아무것도 몰라요 dibaca “Amugeotdo mollayo” artinya (Sama sekali tidak tahu) Informal.
  41. 만나서 반갑습니다 dibaca “Mannaseo pangapseumnida” artinya (Senang bertemu dengan Anda) Formal.
  42. 만나서 반가워요 dibaca “Mannaseo pangawoyo” artinya (Senang bertemu dengan Anda) Informal.
  43. 어떻게 지내습니다 ? dibaca “Eoteoke chinaeseumnida ?” artinya (Bagaimana kabar Anda ?) Formal.
  44. 어떻게 지내세요 ? dibaca “Eotteoke chinaeseyo ?” artinya (Bagaimana kabar Anda ?) Informal.
  45. 잘 지내습니다 dibaca “Chal chinaeseumnida” artinya (Kabar baik) Formal.
  46. 잘 지내요 dibaca “Chal chinaeyo” artinya (Kabar baik) Informal.
  47. 안좋습니다 dibaca “Anjoseumnida” artinya (Tidak baik) Formal.
  48. 안좋아요 dibaca “Anjoayo” artinya (Tidak baik) Informal.
  49. 어서 오십시오 dibaca “Eoseo osipsio” artinya (Selamat datang, Silahkan masuk) Informal.
  50. 어서 오세요 dibaca “Eoseo oseyo” artinya (Selamat datang) Informal.
  51. 들어 오십시오 dibaca “Teureo osipsio” artinya (Silahkan masuk) Informal.
  52. 들어 오세요 dibaca “Teureo oseyo” artinya (Silahkan masuk) Informal.
  53. 또 만납시다 dibaca “Tto manapsida” artinya (Sampai bertemu lagi) Formal.
  54. 또 만나요 dibaca “Tto mannayo” artinya (Sampai bertemu lagi) Informal.
  55. 하세요 dibaca “Haseyo” artinya (Silahkan) Informal.
  56. 안돼요 dibaca “Andwaeyo” artinya (Tidak boleh atau Jangan) Informal.
  57. 하지마 ! dibaca “Hajima” artinya (Jangan !) Informal.
  58. 주세요 dibaca “Juseyo” artinya (Meminta) Informal.
  59. 빌려주세요 ? dibaca “Pillyeojuseyo” artinya (Boleh pinjam ?) Informal.
  60. 그래요 ! dibaca “Keuraeyo !” artinya (Begitu !) Informal.
  61. 위험해 ! dibaca “Wiheomhae” artinya (Bahaya !) Informal.
  62. 좋다 ! dibaca “Chotha” artinya (Bagus !) Informal.
  63. 안 좋다 ! dibaca “An chotha” artinya (Tidak bagus) Informal.
  64. 정말입니까 ? dibaca “Cheongmalimnikka” artinya (Benarkah ?) Formal.
  65. 그렇습니까 ? dibaca “Keuroseumnikka” artinya (Apa betul ?) Formal.
  66. 그래서 ? dibaca “Keuraeseo” artinya (Lantas ?) Informal.
  67. 그런데 …. dibaca “Keureonde” artinya (Ngomong-ngomong …).
  68. 게다가 …. dibaca “Kedaga” artinya (Lagipula …).
  69. 어머나 ! dibaca “Eomeona” artinya (Astaga !).
  70. 아마도 dibaca “Amado” artinya (Mungkin).
  71. 거짓말 ! dibaca “Keojitmal” artinya (Bohong !).
  72. 거짓말 하지마라 ! dibaca “Keojitmal hajimara” artinya (Jangan bohong !).
  73. 아이고 dibaca “Aigo” artinya (Aduh).
  74. 실망했어요 dibaca “Silmanghaesseoyo” artinya (Saya kecewa) Informal.
  75. 배고프다 dibaca “Paegopheuda” artinya (Perut saya lapar).
  76. 식사 하십시오 dibaca “Siksa haspsio” artinya (Selamat makan) Informal.
  77. 식사 하세요 dibaca “Siksa haseyo” artinya (Selamat makan) Informal.
  78. 잘 먹었습니다 dibaca “Chal meogeosseumnida” artinya (Terimakasih [digunakan setelah makan]) Formal.
  79. 잘 먹었어요 dibaca “Chal meogeossoyo” artinya (Terimakasih [digunakan setelah makan]) Formal.
  80. 사람 살려 ! dibaca “Saram sallyeo” artinya (Tolong !).
  81. 기분이 좋아요 dibaca “Kibuni choayo” artinya (Perasaan saya senang) Informal.
  82. 기분이 나빠요 dibaca “Kibuni napayo” artinya (Perasaan saya tidak senang) Informal.
  83. 마음이 아파요 dibaca “Maeumi aphayo” artinya (Sakit hati) Informal.
  84. 저는 피곤헤요 dibaca “Cheoneun phigonheyo” artinya (Saya letih) Informal.
  85. 몸이 힘들어요 dibaca “Momi himdeureoyo” artinya (Badan saya capek) Informal.
  86. 저는 몸이 안좋아요 dibaca “Cheoneun momi anchoayo” artinya (Badan saya tidak enak) Informal.
  87. 형 dibaca “Hyeong” artinya (Kakak laki-laki bagi laki-laki).
  88. 오빠 dibaca “Oppa” artinya (Kakak laki-laki bagi perempuan).
  89. 누나 dibaca “Nuna” artinya (Kakak perempuan bagi laki-laki).
  90. 언니 dibaca “Eonni” artinya (Kakak perempuan bagi perempuan).
  91. 이모 dibaca “Imo” artinya (Tante).
  92. 사장님 dibaca “Sajangnim” artinya (Pak/Bu Presiden Direktur).
  93. 반장님 dibaca “Panjangnim” artinya (Pak/Bu Mandor).
  94. 다음에 술 한 잔 하자 … dibaca “Taeumme sul han jan haja” artinya (Kapan-kapan kita minum bareng ya …).
  95. 다음에 같이 밥 먹자 … dibaca “Taeumme kachi bap mokja” artinya (Kapan-kapan kita makan bareng ya …).
  96. 연락할게 … dibaca “Yeollakhalke” artinya (Akan Kabarin ya …)
  97. 시간 날 때 언제듣지 놀러 오세요 dibaca “Sigan nal tae eonjedeunji nolleo oseyo” artinya (Kalau ada waktu, kapan saja main ke rumah saya).
  98. 한턱내다 dibaca “Hantheok naeda” artinya (Traktir).
  99. 얼마나 해통하십니까 ! dibaca “Eolmana haetonghasimnikka” artinya (Turut berduka cita).
  100. 천천히 많이 드세요 dibaca “Cheoncheoni mani deuseyo” artinya (Makanlah pelan-pelan).

Mungkin hanya itu saja pembahasan Cara Membaca Huruf Korea yang Baik dan Benar. Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan salam berbagi 또마납시다

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.