Saturday, June 25, 2016

Cara Menginstall Aplikasi BBM di iPhone

Cara Menginstall Aplikasi BBM di iPhone - Seperti yang kita ketahui bersama, Aplikasi BBM yang merupakan besutan produsen smartphone Blackberry, Awalnya BBM hanya bisa dinikmati di kalangan pengguna ponsel Blackberry, namun pada akhir tahun 2013 lalu, RIM selaku perusahaan dibalik kesuksesan aplikasi BBM, secara resmi melepaskan aplikasi mereka ke platform lain seperti iOS dan Android secara gratis, dan dalam sekejab pula menjadi primadona dan menjadi salah satu aplikasi wajib yang dimiliki oleh setiap pengguna smartphone di era ini.

Cara Menginstall Aplikasi BBM di iPhone

Awalnya, Pengguna iPhone bisa menikmati aplikasi BBM di ponsel mereka yang menjalankan minimal versi iOS 6 sebagai syaratnya, dan saat itu iPhone 3GS yang sudah dianggap sebagai perangkat tua (Jadul) masih mendapatkan mendukung iOS 6 dan versi iOS 6.1.6 sebagai versi terakhir. Ini merupakan keuntungan pengguna iPhone 3GS, meskipun sudah dianggap jadul namun masih bisa menikmati BBM. Banyak alasan kenapa orang-orang masih bertahan untuk masih menggunakan iPhone generasi ini, sehingga belum mau beralih ke iPhone generasi yang lebih baru.

Tapi, beberapa waktu yang lalu, pengguna iPhone 3GS mendapatkan kendala untuk menginstall aplikasi BBM, karena membutuhkan minimal iOS versi 7 keatas, tentu saja ini adalah hal yang membingunkan karena yang kita ketahui jika versi terakhir yang dijalankan oleh iPhone 3GS adalah iOS 6.1.6. ini disebabkan karena beberapa kebijakan developer aplikasi untuk lagi mendukung iOS versi lama, Tapi Apple juga tidak mengabaikan pengguna iPhone jadul, karena App store masih menyediakan aplikasi versi lama dari BBM dan lainnya.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah ini dan kembali bisa menggunakan aplikasi BBM di iPhone 3GS.

Pertama dengan metode jailbreak, anda hanya perlu menginstall Appsycn dari Cydia, kemudian menginstall file BBM yang support dengan iOS 6, anda bisa dengan mudah menemukan file IPA BBM dengan berbagai versi di Google. Tapi terkadang, beberapa pengguna enggan untuk menempuh jalan ini karena dianggap beresiko.

Kedua, anda bisa meminjam Apple ID teman atau siapa saja yang telah digunakan untuk mendownload BBM dari Apps tore. Login menggunakan Apple ID tersebut, selanjutnya buka App store dan beralih ke tab "Purchased", disana anda akan menemukan list semua aplikasi yang pernah dibeli atau didownload oleh Apple ID tersebut, pada tahap ini anda hanya perlu melakukan tap Download pada aplikasi BBM.

Ketiga, Jika anda enggan untuk meminjam atau tidak menemukan Apple ID yang pernah digunakan untuk mendownload Aplikasi BBM dari App Store, Anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa menggunakan Apple ID anda sendiri, Namun syaratnya anda harus menggunakan komputer terserah ingin Windows atau Mac yang pasti telah dilengkapi aplikasi iTunes.

Step 1 : Silahkan buka dan jalankan aplikasi iTunes yang terdapat pada komputer windows atau mac, dan Login dengan Apple ID yang juga digunakan di iPhone 3GS anda.

Step 2 : Dalam situasi ini kita asumsikan saja, jika anda belum pernah mendownload aplikasi BBM dengan Apple id yang anda gunakan saat ini. Maka dari itu silahkan cari aplikasi BBM dan mendownloadnya terlebih dahulu melalui iTunes di komputer/laptop.

Step 3 : Setelah BBM selesai anda download melalui iTunes, Saatnya anda beralih ke iPhone 3GS anda. Silahkan Buka Aplikasi App Store dan akses Tab "Purchased", Silahkankan cari aplikasi BBM dan ketika anda menekan tombol download secara otomatis, sebuah pemberitahuan akan tampil yang mengharuskan anda untuk mendownload versi Lama dari aplikasi BBM.

Cara ini sebenarnya juga berlaku untuk beberapa aplikasi lain, dan tidak terbatas pada aplikasi BBM saja. Selain iTunes yang terdapat pada komputer, anda juga bisa menerapkan metode ke 3 pada perangkat iOS lainnya yang lebih moderen seperti iPhone 4 sebagai media untuk mendownload aplikasi BBM.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.