Saturday, June 25, 2016

Cara Mengatasi iPhone Lemot

Cara Mengatasi iPhone Lemot - iPhone adalah salah satu gadget premium yang cukup fenomenal. Dengan menggunakan iPhone Anda akan terlihat lebih bergaya. Hanya saja masih banyak dari pengguna perangkat ini belum tahu fungsi serta cara menggunakan iPhone yang baik.

Cara Mengatasi iPhone Lemot

Hanya karena ingin mengikuti tren saja, mereka rela mengeluarkan budget belasan juta rupiah untuk mendapatkan perangkat ini. Sungguh kasihan ya! Nah, untuk Anda yang memang masih kurang mengerti bagaimana cara menggunakan iPhone yang baik tips kali ini mungkin bisa sedikit membantu kekurangtahuan Anda terhadap perangkat cerdas yang satu ini. Karena, tips ini akan membantu Anda dalam mengatasi iPhone yang sudah mulai lambat loading (lemot).

Reboot / Restart

Cara pertama yang juga merupakan cara sederhana untuk mengatasi perangkat iPhone yang sudah mulai lemot ini adalah dengan merestart atau reboot perangkat iPhone Anda. Untuk melakukan restart perangkat iPhone cukup dengan mematikan kemudian menghidupkannya kembali. Jika Anda memang pengguna smartphone yang katanya super canggih ini, Anda seharusnya sudah lebih canggih dan lebih pintar dari perangkat ini, dan pasti sudah tahu cara melakukan restart tersebut.

Membersihkan Cache Browser

Perangkat iPhone menggunakan sistem operasi sendiri yang bernama iOS. Nah, di dalam iOS ini memiliki aplikasi browser bawaan yang bernama Safari yang sangat baik dalam membersihkan data yang tidak dipakai dalam sistem. Walaupun sebaiknya para pengguna melakukan pembersihan tersebut agar tidak memberatkan sistem dan juga memori penyimpanan. Di bawah ini bisa Anda lihat bagaimana langkah – langkah dalam membersihkan cache browser Safari Anda secara manual.

  • Buka aplikasi browser Safari Anda
  • Tap pada menu setting di browser tersebut
  • Arahkan scroll Anda ke arah bawah kemudian tap pada opsi Clear History and Website Data

Hapus Aplikasi Yang Tak Digunakan

Mungkin Anda adalah tipe pengguna smartphone yang hanya asal install aplikasi saja sebagai uji coba. Banyak sekali tipe pengguna seperti yang hanya mengintal aplikasi yang lagi ngetren, tapi tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut, sehingga masih tersimpan begitu saja di perangkatnya. Ini sama saja sebagai pengumpul barang – barang yang tidak diperlukan. Ini tentunya akan banyak mengambil memori atau penyimpanan pada perangkat iPhone Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda hapus saja apliaksi yang tidak Anda perlukan tersebut dengan cara di bawah ini.

  • Tap dan tahan pada icon aplikasi yang ingin Anda hapus tersebut pada halaman home screen Anda
  • Kemudian tap pada icon x yang muncul untuk menghapusnya

Jika aplikasi tersebut menyimpan berbagai data Anda, sebaiknya dibackup terlebih dahulu. Karena dengan cara ini maka semua data yang ada di dalamnya akan ikut terhapus juga.

Nonaktifkan fitur yang tidak digunakan

Ada beberapa fitur pada perangkat iPhone khususnya untuk iOS 8 ke atas. Salah satu fiturnya yaitu Background App Refreshes, yang berfungsi untuk mengatur notifikasi pada setiap aplikasi seperti menontaktifkan atau mengaktifkan notifikasinya. Cara untuk mengakses fitur tersebut adalah sebagai berikut.

  • Silahkan Anda tap pada menu Setting iPhone Anda
  • Kemudian tap kembali pada fitur General Background App Refreshes tersebut
  • Di dalam menu ini akan muncul berbagai aplikasi yang terinstal di iPhone Anda. Silahkan Anda tap pada aplikasi yang ingin Anda matikan notifikasinya.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.