Tuesday, June 28, 2016

Cara Memilih Helm SNI yang Tepat

Cara Memilih Helm SNI yang Tepat - Perihal helm SNI yang menjadi perangkat ketika berkendara sepeda motor memang menjadi bahan perbincangan. Pasalnya kini banyak helm-helm motor yang di jual di pinggir jalan juga menggunakan label SNI dan di jual dengan harga yang relatif sangat murah. Padahal yang kita sama-sama ketahui bahwa helm merupakan alat pelindung kepala yang haruslah bisa memberikan keamanan dan kenyamanan si pengguna nya.

Cara Memilih Helm SNI yang Tepat

Lalu bagaimana dengan helm yang di jual di pinggir jalan tersebut ? Apakah helm tersebut merupakan jenis helm SNI yang memang aman ? Tentu bagi orang yang awam mengira bahwa helm tersebut merupakan helm SNI yang sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan harga nya pun sangat murah, sehingga lebih memilih helm SNI palsu tersebut tanpa memikirkan faktor keamanannya. Agar terhindar dari hal tersebut, berikut ini tips dan cara memilih helm SNI yang tepat :

Pilihlah kaca helm yang bening

Memilih kaca film helm yang bening tentu akan memberikan efek netral sehingga tidak akan mengganggu penglihatan, khusus nya ketika digunakan pada waktu malam hari. Jika perlu pilih juga helm yang memiliki fitur double visor atau kaca helm ( ini sudah banyak merk helm ternama yang menggunakan fitur ini).

Ukuran helm harus pas pada kepala

Menurut penulis, ini merupakan faktor penting, di mana dengan menggunakan helm yang pas dengan kepala tentu ini akan menekan bagian pipi dan dahi yang akan berfungsi untuk meredam ketika terjadi benturan. Oleh karena, di sarankan pilih helm yang pas dengan kepala si pemakai jang terlalu sempit apalagi longgar.

Pililah helm sesuai dengan kebutuhan

Ini penting sekali untuk para bikers yang membonceng, karena banyak kasus yang terjadi justru yang dibonceng malah akan mengalami cidera yang lebih parah khusus nya pada bagian kepala. Ada baiknya untuk menggunakan helm full face untuk lebih aman dan untuk yang hobi touring dengan jarak yang cukup jauh tentu ini sangat disarankan.

Cari dan tentukan pilihan pad helm yang sesuai dengan standar keamanan

Kini polisi lalu lintas bukan hanya memeriksa kelengkapan berkendara seperti STNK atau pun SIM. Namun terkadang polisi ketika melakukan razia akan memeriksa juga helm yang dikenakan. Oleh karena itu, pilihlah helm yang sesuai dengan strandar keamanan, seperti helm yang ada lambang SNI (cetak timbul/emboss).

Sesuaikan helm dengan warnanya

Tidak hanya aman, tentu para bikers menginginkan tampil trendy dengan helmnya. Ketika memilih helm motor, maka pastikan dan sesuaikan corak atau pun warna helm dengan warna motor para bikers atau dengan jaket yang biasa dikenakan. Selain terlihat cocok, juga pastiya matickers akan terlihat gaul.

Cara Memilih Helm SNI yang Tepat

Penggunaan helm SNI memang penting ketika akan berkendara sepeda motor di jalan raya, bahkan performa motor pun menjadi hal yang penting. Oleh karena itu perawatan sepeda motor sudah tentu harus dilakukan minimal mengganti oli motor setiap bulannya. Pastikan memilih oli motor yang sesuai dengan mesin motor Anda demi kenyamanan dalam berkendara.

Jangan lupa untuk mementingkan keselamatandalam berkendara di jalan raya dengan sepeda motor. Berusahalah untuk menaati semua peraturan dan rambu-rambu lalu listas yang telah disediakan. Selamat berburu helm dan nantikan infomasi otomotf lainnya!

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.