Tuesday, June 28, 2016

Cara Membuka Casing Adaptor Laptop

Cara Membuka Casing Adaptor Laptop - Charger laptop kamu rusak? Sama, charger laptop saya putus kabelnya tapi adapternya masih bagus. Simak tutorial Cara Membuka Casing Adaptor Laptop ini untuk memperbaiki charger adapter yang putus kabelnya.

Cara Membuka Casing Adaptor Laptop

Biasanya adapter charger laptop dibungkus dan seal secara permanen untuk melindungi komponen-komponen travo, condensator, diode dan lain-lain yang berfugsi untuk mengubah arus listrik tegangan tinggi AC menjadi arus DC yang rendah.

Karena tidak di baut, tidak mudah untuk membongkar charger laptop, bahkan tukang reparasi elektronik sekalipun tidak bisa membuka dengan baik bila tidak pernah melihat teknik berikut ini;

Persiapan


Cara Membuka Casing Adaptor Laptop

  1. Adaptor charger yang rusak
  2. Handuk kecil atau kain pelindung
  3. Pisau tumpul
  4. Palu

Mari kita mulai


Cara Membuka Casing Adaptor Laptop

Kemudian lakukan aksi seperti gambar animasi di atas. Ketok dengan palu secara perlahan-lahan di kedua belah sisi adaper charger agar sealer-nya terbuka, dan taadaaa…. Mudah bukan. Selamat mencoba…

Pengalaman saya: charger laptop saya ini sudah berkali-kali putus sambung kabel DC yang rusak sedikit demi sedikit hingga habis ke pangkalnya. Karena saya tidak terlalu mahir menyolder, maka saya bawa ke tempat reparasi elektronik untuk monyoder langsung di pangkalnya.

Si tukang bilang, ini harus di bongkar, karena sisa kabel yang di pangkal sudah tidak mungkin di solder lagi. Dengan bantuan obeng, si tukang elektronik pun mecongkel-congkel di garis sambungan case. Bukanya terbuka, casing malah terkopek-kopek.

Si tukang elektronik nyerah, charger saya bawa pulang. Tak kehabisan akal, saya cari ‘cara buka charger laptop‘ di YouTube. Akhirnya posting tips ‘Cara Membuka Casing Adaptor Laptop‘ pun jadi.

Jangan lupa like posting ini, jika masalah Anda teratasi setelah baca tips ini.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.